7 Cara mudah untuk memulai Self Improvement

7 Cara mudah untuk memulai Self Improvement

Mimin pernah mendengar kutipan “Jika ingin berubah, kamu harus rela menjadi tidak nyaman”   yang berarti jika kamu masih menikmati di zona nyaman, maka kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Yups.. kutipan diatas mengandung makna Self Improvement. 

Lalu, apa sih Self Improvement itu?
 Self Improvement adalah usaha atau pengembangan diri yang dilakukan sendiri untuk meningkatkan potensi dan kualitas diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

 

Peningkatan diri meliputi banyak hal, mulai dari pengembangan keterampilan, bakat, ataupun minat pada diri sendiri, juga dapat meningkatkan kualitas hidup seperti kesehatan atau yang lainnya. Meng-upgrade diri juga bisa membuat Anda menjadi lebih produktif dan berkualitas, tanpa melakukan aktivitas yang monoton. 

berat? Tenang.. kamu bisa mulai dari mengubah kegiatan sehari-hari kamu, contohnya: jika biasanya berangkat ke kantor lewat jalan itu-itu aja, coba deh pilih jalan lain yang belum pernah kamu lewati, pasti rasanya mulai berbeda hehe.. 

Atau kamu bisa ikuti beberapa tips dari mimin : 

 

  • Perbaiki Jam Tidur

     

 

Masih sering begadang sambil main main atau main sosmed?? Kurangin deh! 

Selain bikin kamu jadi ngantuk saat jam kerja, begadang bisa mengacaukan sistem tubuhmu atau bahkan perlahan-lahan menyebabkan berbagai penyakit di badanmu. 

cinta tidur lebih awal, untuk memperbaiki kualitas diri. Dengan menghentikan gadget utama sebelum tidur, mematikan lampu, mengurangi asupan kafein di hari, atau menggunakan metode: jika kamu tidur jam 1, besok sebelum tidur di jam 12.30, besoknya lagi coba tidur di jam 12, dan begitu juga selanjutnya.

 

  • Berolahraga

 

"berolahraga untuk meningkatkan kualitas diri dan perbaikan diri"

 

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga dapat terhindar dari insomnia. Berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup, seperti membuat suasana hati menjadi lebih baik, mengatasi stres, dan mencegah berbagai macam penyakit. 

 

  • Jangan Terlalu Sering Memainkan Gadget

 

"perbaikan diri"

 

Kamu tipe yang gak bisa hidup tanpa gadget?? Tidak. sekarang coba cari kegiatan yang lebih bermanfaat untuk perhatianmu dari gadget. Seperti membaca buku pengembangan diri minimal 10 lembar perhari, melukis, belajar ilmu baru, mendengarkan podcast pengembangan diri ( inspiratif ) atau melakukan kegiatan yang kamu sukai.

Jika kamu lebih passion di sosmed, coba belajar ilmu digital marketing, atau skill-skill yang berkaitan dengan digital.

 

  • Mempelajari Hal Baru

     

"belajar hal baru untuk memulai perbaikan diri"


hal baru merupakan langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan diri. Selain bisa mengenal hal-hal baru di sekitarmu, bisa
meningkatkan pengetahuan kamu tentang lingkungan sekitar. 

Belajar hal baru gak harus yang berat-berat kok, atau hal yang luar biasa. Tapi kamu bisa memulainya dengan hal yang sederhana, yaitu mengerjakan sesuatu yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya.

 

  • Perbanyak Berpikir Positif 

 

 

Percaya gak percaya nih, sering kali negatif malah membuat dampak yang buruk bagi tubuhmu. Jika kita sering berpikir negatif maka justru memicu tubuh mudah terkena penyakit. Tapi bukan berarti menghilangkan pikiran negatif sepenuhnya ya, maksudnya adalah kamu harus lebih seimbang dengan pemikiran negatif dan positif. 

Perbanyaklah energi positifmu seperti membantu teman, kerja bakti, kegiatan amal, dan lain-lain.

 

  • Bersosialisasi

 

 

bertemu teman nongkrong yang positif, kamu bisa meluangkan waktumu ngobrol sambil ngopi untuk meng-upgrade diri .

Emang ada apa? Mengobrol dengan teman, kita akan mendapatkan pengalaman atau pelajaran hidup yang berbeda-beda. 

Selain itu, bertemu dengan teman juga bisa memberikan kita perspektif (sudut pandang) baru mengenai masalah atau solusi yang jarang kita ketahui.

 

  • Mentor untuk Pengembangan Diri

 

 

mengarahkan mentor untuk membantumu menguasai suatu bidang tertentu, karena ini merupakan cara yang terbaik. Yang dimaksud disini bukan beneran ngedatengin guru untuk belajar kok, tapi seperti kamu menyukai karya dari seseorang lalu kamu mempelajarinya dan diterapkan di kehidupanmu. <karena belajar itu bisa dimana saja dan dengan siapa saja>

Kalau kamu memang ingin menguasai keterampilan tertentu dan gak bisa belajar kalo gak diajarin, yup kamu boleh mempekerjakan seorang mentor <why not> kalo perlu carilah mentor sebanyak-banyaknya, agar pengalaman dan ilmu yang didapat juga luas.

 


Itulah 7 langkah mudah untuk memulai Self Improvement, apalagi di era yang sudah modern saat ini. Peningkatan kualitas diri sangat dibutuhkan di dunia kerja, semakin tinggi kualitas dirimu, semakin tinggi pula nilai jualnya. Jangan sampai kamu terjebak di zona nyaman aja ya, karena waktumu itu berharga. 

Lebih baik digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna daripada menghabiskannya untuk kegiatan yang sia-sia, lalu menyesal di kemudian hari.

 

error: Content is protected !!