8 Film Animasi Buatan Indonesia yang Keren, yang Terbaru Ada TITUS-Mystery of The Enigma

Posted on

Yo, gaes? Apa kabarnya nih? Semoga sehat-sehat selalu ya.

Kemarin kan kita udah bahas nih soal film terbaru dari negara tetangga kita. Pasti kamu penasaran kan apakah Indonesia juga punya film animasinya sendiri?

Tenang aja gaes, film animasi Indonesia ada banyak kok dan malah nggak kalah epik lho dari kepunyaan tetangga.

Daripada lama-lama, yuk kita langsung bahas aja satu-satu. Oh iya, di daftar terakhirnya ada film yang baru tayang tahun ini lho.

 

  • Meraih Mimpi (Sing to The Dawn)

 

Meraih Mimpi (Sing to The Dawn)

 

Merupakan film animasi pertama Indonesia yang ditayangkan di Singapura pada tahun 2008 kemudian baru ditayangkan di Indonesia tahun 2009.
Film ini bercerita tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari kontraktor penipu. Mereka juga berusaha untuk menyelamatkan hutan mereka. Yang sountracknya sendiri diisi oleh Gita Gutawa yang juga berperan sebagai Dana.

 

  • Knight Kris

 

Meraih Mimpi (Sing to The Dawn)

 

Merupakan film yang diproduseri oleh seorang pesulap sekaligus presenter terkenal bernama Deddy Corbuzier. Tayang pada tahun 2017 dan memerlukan waktu selama 5 tahun untuk pengerjaannya dengan 5 kali revisi.

Menceritakan tentang seorang anak kecil yang mencari 5 keris sakti untuk mengalahkan Asura akibat kesalahannya sendiri.

 

  • Battle of Surabaya

 

BattleOfSurabaya

 

Animasi ini adalah garapan MSV Picture yang tayang pada tahun 2015 dan sangat booming. Meski banyak yang berkomentar tentang tidak pasnya suara dan pergerakan animasinya, tetapi film ini sendiri mendapat beberapa penghargaan internasional. Seperti International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013 dan INAICTA 2012.

Battle of Surabaya menceritakan seorang pemuda bernama Musa yang menjadi tukang semir sepatu sekaligus kurir bagi para pejuang di Surabaya saat peristiwa 10 November 1945. Menggunakan alur mundur yang berhasil membuat para penontonnya bernostalgia.

 

  • Pada Suatu Ketika

 

Pada Suatu Ketika

 

Merupakan film pendek karya Lakon Animasi yang tayang pada tahun 2011. Menceritakan kehidupan sehari-hari orang Indonesia ditambah dengan konsep unik yakni alat transportasi seperti kopaja, bus, dan bajaj memiliki kemampuan untuk berubah menjadi robot layaknya Transformer.

 

  • Si Juki The Movie

 

Si Juki The Movie

 

Yuhuuu, siapa sih yang enggak kenal Si Juki? Setelah muncul dalam versi komik cetak dan webcomicnya di platform Webtoon, kini Juki hadir dalam bentuk film animasi.

Film dari franchise Si Juki kepunyaannya Faza Meonk ini tayang pada tahun 2017 yang menceritakan petualangan Si Juki dan kawan-kawan melakukan misi penyelamatan bumi dari bencana meteor.

 

  • Petualangan si Adi

 

Petualangan si Adi

 

Kalau kamu mencari karya dari anak-anak muda, Petualangan si Adi ini adalah salah satu contohnya. Dibuat dengan bekerja sama dengan beberapa murid SMK dan menghasilkan animasi yang nggak kalah keren.

Film animasi ini tayang pada akhir tahun 2013 yang disutradarai oleh Heri Kiswanto. Adi merupakan seorang anak SMK yang Mandiri dan memiliki wasiat dari kakeknya untuk mengalahkan Ayahnya sendiri. Sang Ayah terjebak oleh kekuatan jahat dari seekor naga yang berasal dari luar angkasa.

 

  • Adit dan Sopo Jarwo

 

Adit dan Sopo Jarwo

 

Kalau yang ini bukan film, melainkan serial animasi yang ditayangkan pertama kali pada tahun 2014 di MNCTV. Menceritakan tokoh utamanya bernama Adit yang selalu berurusan dengan 2 preman bernama Sopo dan Jarwo.

 

  • TITUS – Mystery of The Enigma

 

TITUS – Mystery of The Enigma

 

Nah, kalau ini film animasi terbaru dari MNC Animation. Menceritakan tentang detektif bernama Titus yang harus menguak misteri dari enigma, yakni sebuah batu energi yang diperebutkan banyak orang.

Tayang pada tahun ini, TITUS mendapat sambutan baik dari para penontonnya. Hanya saja karena belum memiliki serial tv sama sekali, banyak pula netizen yang baru tahu mengenai film ini.

 

☘☘☘

 

Nah, itulah film-film animasi dari Indonesia yang enggak kalah keren dari animasi negara tetangga. Terutama untuk TITUS, jangan lupa nonton ya.

Oh iya, kalau kamu ingin belajar membuat animasi seperti film-film di atas, sekarang ada Kelasanimasi.com yang siap membantu kamu dengan materinya dari tahap awal sampai tahap lanjut.

Kamu juga akan dibimbing oleh para Mimin kece dan member lainnya lho.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!