8 Software untuk Menggambar Digital di PC, Paling Recomended!

Posted on

halo, apa kabar gaes? Semoga di hari Selasa pertama bulan ini kamu selalu semangat ya.

Setelah membahas tentang pentab murah untuk kebutuhan ilustrasi dan desain grafis, kali ini Mimin akan membahas tentang software menggambar yang bisa kamu gunakan untuk membuat ilustrasi maupun desain grafis.

 

 

Well, karena pastinya nggak akan lengkap dong kalau alat sudah ada tapi aplikasinya yang belum ada. hehe.

Yuk langsung saja kita kupas satu-persatu~

 

  • Paint Tool SAI

 

Paint Tool SAI

 

Ini adalah software sejuta umat gaes! Banyak sekali para ilustrator pemula sampai profesional menggunakannya.

Mengapa nyaman menggunakan aplikasi ini? Karena software yang satu ini sangat ringan terutama untuk PC dengan spesifikasi rendah. Untuk pemula sendiri sangat mudah dipelajari karena penggunaannya toolnya juga sederhana.

untuk teknik blendingnya sendiri bagi kamu yang menyukai digital painting pasti bikin ketagihan. Pencampuran warnanya lebih halus dan mudah menyatu.

Untuk penggunaan brushnya bisa dibuat sendiri atau mendownload customnya di internet.

 

  • Medibang Paint Pro

 

MediBang-Paint-Pro


Siapa nih yang enggak kenal software open source satu ini? Kalau tidak kenal, kamu kurang jauh mainnya. hehe.

Karena sifatnya yang open source alias gratis, software yang satu ini banyak digunakan oleh pemula maupun profesional yang masih kekurangan budget. Oh iya, aplikasi ini juga tersedia untuk android juga lho.

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop pasti akan lebih mudah menggunakan software yang satu ini, hanya saja bagi yang belum terbiasa pasti akan merasa sulit mengingat tampilan UI nya agak rumit.

Untuk brushnya sendiri, kamu bisa download melalui website resminya atau membuatnya sendiri. Beberapa artist profesional banyak kok yang mengajarkan cara membuat brush custom untuk software ini.

 

  • Adobe Photoshop CC

 

adobe photoshop CC


Kamu yang sudah terbiasa mengedit foto dengan software ini pasti enggak asing dong. Yup, software Adobe Photoshop CC ini bisa juga digunakan untuk menggambar, mendesain banner, logo, dan lain-lain.

Selain karena kelengkapan tools dan fiturnya, tampilannya pun juga cukup mudah dimengerti untuk pemula. Di software ini sendiri, kamu juga bisa membuat brush custom sesuai keinginanmu lho.

Namun, untuk fitur blendingnya sendiri kurang cocok bagi kamu yang suka digital painting. Karena software ini lebih cocok untuk pewarnaan jenis vexel, vector, dan soft cell shade.

 

  • Clip Studio Paint

 

clip studio paint


Bagi kamu yang memakai software Manga Studio pasti nggak asing dengan software yang satu ini. Yup, software ini merupakan pengembangan dari Manga Studio.

Software yang biasanya disingkat CSP ini sangat terkenal dikalangan para komikus, terutama komikus Jepang. Mengapa demikian? Karena software ini memiliki tools yang bisa digunakan untuk membuat manga. Terutama di bagian pembagian panelnya.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang menyukai digital painting, ada banyak kuas dengan efek berbeda yang bisa kamu gunakan untuk membuat ilustrasi. Blendingnya pun cukup memuaskan sehingga terlihat halus.

Pada software ini juga memiliki fitur model 3D untuk diubah menjadi garis-garis pada karyamu.

 

  • Krita Animation Studio

 

Krita Paint Tool


Software besutan David Refoy dan kawan-kawannya ini menawarkan seri premium dan open source. Untuk seri premiumnya sendiri memiliki kelebihan yakni update otomatis. Sedangkan seri open source cocok bagi kamu pemula yang baru mengenal dunia ilustrasi.

Selain ilustrasi dengan tingkat blending setara SAI, Krita juga bisa digunakan untuk membuat komik dan animasi 2D. Hal ini karena Krita memiliki 4 jendela kerja. Yang pertama untuk Western comic, kedua Japanese comic, ketiga custom ilustrasi, dan keempat 2D Animation.

Lalu Krita juga menawarkan dukungan CMYK, HDR painting, grid perspektif, dockers, filter, painting asisten, panel template, kuas yang dapat dimodifikasi, vanishing point, smooth shape, dan masih banyak lagi.

Krita sendiri juga dapat digunakan untuk membuat tipografi, hanya saja sangat terbatas gaes. Tapi cukuplah bagi pemula untuk belajar menggunakannya.

 

  • Artweaver 6

 

Artweaver


Merupakan salah satu software menggambar dengan interface yang cocok bagi pemula.

Bagi kamu yang menyukai digital painting, kamu pasti akan sangat suka dengan efek brush ultra realistik yang ditawarkan software ini. Sehingga kamu akan mudah membuat lukisan yang sangat mirip dengan potret aslinya.

Software ini juga menawarkan berbagai macam set kuas dan pensil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Artweaver 6 sendiri juga bisa dikolaborasikan dengan software lain pada dokumen yang sama secara online.

 

  • ArtRage

 

ArtRage


Baru dengar software yang satu ini? Sama, Mimin juga. hehe.
Software yang satu ini menyediakan tools melukis seperti teknik tradisional pada umumnya.

Yakni ada tools cat air, cat minyak, tekstur kanvas tradisional, alat desain grafis, dan custom tool sendiri pada versi terbarunya.

 

  • Inkscape

 

Inkscape


Software pengganti Corel Draw dari Linux ini cukup terkenal lho bagi pemula. Bukan hanya interfacenya yang sederhana dan cukup mudah digunakan, tetapi sifatnya yang open source sangat cocok bagi kamu yang masih kekurangan budget.

Tidak hanya untuk digital painting dan menggambar, kamu juga bisa menggunakan software ini untuk membuat vector maupun desain logo.

Untuk fitur utamanya sendiri mampu mengekspor maupun mengimpor gambar bitmap seperti PNG, JPEG, dan BMP.

 

Nah, itulah rekomendasi beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk menggambar digital di PC.

Bagi kamu yang bingung untuk memulai belajar menggambar digital, Kelasanimasi.com menyediakan materi untuk belajar ilustrasi dari tahap awal lho.

Jadi, kamu enggak perlu pusing-pusing memikirkan harus belajar mulai darimana.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *