Inilah 6 Langkah Pembuatan Animasi Stop Motion

Posted on

Pernahkah kamu melihat animasi yang bentuknya mirip seperti hewan nyata? Atau malah seperti terbuat dari plastisin? Mungkin salah satunya bisa kamu lihat di serial animasi Shoun The Sheep. Bentuknya unik banget kan?

Nah, animasi Shoun The Sheep inilah yang dinamakan animasi Stop Motion. Hal tersebut karena cara pembuatannya berbeda daripada animasi 3D pada umumnya. Tetapi, kamu udah tahu belum apa itu animasi Stop Motion?

Animasi Stop Motion adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.

 

Nah, setelah tahu apa itu pengertian Stop Motion, kamu jadi pengen buat nggak sih? Kalau Mimin pengen, hanya saja biayanya yang belum ada hehe.

Sebelum kamu membuat animasi Stop Motion nih, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

 

  • IDE CERITA / KREATIFITAS

 

ide-sebelum-membuat-stop-motion
SUMBER : https://www.freepik.com/free-vector/light-bulb-people-discussing-ideas-working_4530278.htm#page=4&query=idea+and+creativity&position=17

 

Sebelum membuat animasi, tentu pertama kali kita membutuhkan ide cerita. Karena dengan adanya ceritanya, kamu bisa dengan mudah mengatur ingin membuat stop motion seperti apa.

Kamu bisa membuatnya berupa naskah atau langsung menggunakan storyboard. Asal kunci tiap gerakan yang kamu inginkan sudah tercatat dengan jelas dan lengkap ya gaes.

 

  • KAMERA

 

animasi-stop-motion
SUMBER : https://www.nyfa.edu/student-resources/stop-motion-animation/

 

Kebutuhan utama dari animasi jenis ini tentu saja di bagian kameranya gaes. Tanpa kamera, jelas nggak akan jadi. Kayak hubungan tanpa cinta, uh pedih. Oke-oke kita kembali ke awal.

Obyek yang digunakan untuk animasi Stop Motion ini ..