Kisah Hua Mulan – kisah yang menginspirasi film Disney “Mulan”

Posted on

 

Sudah lihat trailer Mulan 2020 yang akan tayang pada Maret mendatang? Gimana? Seru nggak? Bagi Mimin, trailer tersebut sangat seru dan membuat Mimin ingin sekali menontonnya.

Oh iya, kamu pernah nggak sih penasaran dengan cerita asli dari film-film Disney? Seperti Putri Aurora, Putri Salju, Little Mermaid, Mulan, dan lain-lainnya.

Seperti halnya Princess Disney yang lain, Film Mulan 2020 ternyata juga punya kisah asli yang berbeda dari versi filmnya lho gaes.

Langsung saja kita mulai ya ~

 

 

BERAWAL DARI SEBUAH PUISI

 

kisah-asli-film-wulan-disney

 

Sebagian dari kalian sebagai diehard fans dari Mulan pasti akan mengatakan, bahwa versi terbaik dari series film ini adalah yang pertama di tahun 1998. Well, Mimin cukup setuju karena gaya berceritanya benar-benar menunjukkan perjuangan seorang wanita yang menjadi prajurit di tengah-tengah pria.

Tapi, ternyata nih gaes, cerita Mulan ini ditemukan pertama kali dari sebuah puisi berjudul The Ballad of Mulan atau dalam Bahasa Indonesianya berarti Balada Mulan.

Dikutip dari World of Buzz, puisi ini berasal dari abad ke 6 Masehi. Menceritakan tentang sosok Hua Mulan yang eksis pada 1400 tahun yang lalu. Hua Mulan merupakan seorang prajurit wanita Tiongkok yang berasal dari Dinasti Utara dan Selatan.

Dalam puisi yang hanya ditulis sebanyak 360 kata itu, diceritakan tentang seorang gadis bernama Hua Mulan yang menggantikan ayahnya ke medan perang berdasarkan perintah kaisar untuk melawan penjajah. Hal itu karena sang ayah sudah tua dan renta apalagi dalam keluarganya tidak memiliki anak laki-laki yang sudah cukup umur untuk pergi berperang.