Kisah Hua Mulan – kisah yang menginspirasi film Disney “Mulan”

Posted on

 

Sudah lihat trailer Mulan 2020 yang akan tayang pada Maret mendatang? Gimana? Seru nggak? Bagi Mimin, trailer tersebut sangat seru dan membuat Mimin ingin sekali menontonnya.

Oh iya, kamu pernah nggak sih penasaran dengan cerita asli dari film-film Disney? Seperti Putri Aurora, Putri Salju, Little Mermaid, Mulan, dan lain-lainnya.

Seperti halnya Princess Disney yang lain, Film Mulan 2020 ternyata juga punya kisah asli yang berbeda dari versi filmnya lho gaes.

Langsung saja kita mulai ya ~

 

 

BERAWAL DARI SEBUAH PUISI

 

kisah-asli-film-wulan-disney

 

Sebagian dari kalian sebagai diehard fans dari Mulan pasti akan mengatakan, bahwa versi terbaik dari series film ini adalah yang pertama di tahun 1998. Well, Mimin cukup setuju karena gaya berceritanya benar-benar menunjukkan perjuangan seorang wanita yang menjadi prajurit di tengah-tengah pria.

Tapi, ternyata nih gaes, cerita Mulan ini ditemukan pertama kali dari sebuah puisi berjudul The Ballad of Mulan atau dalam Bahasa Indonesianya berarti Balada Mulan.

Dikutip dari World of Buzz, puisi ini berasal dari abad ke 6 Masehi. Menceritakan tentang sosok Hua Mulan yang eksis pada 1400 tahun yang lalu. Hua Mulan merupakan seorang prajurit wanita Tiongkok yang berasal dari Dinasti Utara dan Selatan.

Dalam puisi yang hanya ditulis sebanyak 360 kata itu, diceritakan tentang seorang gadis bernama Hua Mulan yang menggantikan ayahnya ke medan perang berdasarkan perintah kaisar untuk melawan penjajah. Hal itu karena sang ayah sudah tua dan renta apalagi dalam keluarganya tidak memiliki anak laki-laki yang sudah cukup umur untuk pergi berperang. 

 

 

DITULIS ULANG DAN MENJADI DRAMA YANG FENOMENAL

 

kisah-asli-dibalik-film-mulan-disney

 

Selama waktu bergulir hingga 1000 tahun kemudian, kisah dari puisi yang diturunkan dari mulut ke mulut ini ditulis ulang. Penyair yang menulis kembali kisah tersebut bernama Xu Wei dengan judul “Mulan Bertempur di Tempat Ayahnya”. Penulisannya dibuat lebih rinci sehingga bisa ditampilkan menjadi drama.

Dari drama tersebut, Hua Mulan digambarkan menjadi perempuan berusia 17 tahun. Ia menjadi seorang ahli bela diri pertempuran dan menggunakan senjata karena sudah diajari oleh ayahnya sejak kecil. 

Kemudian ketika berangkat menggantikan ayahnya, Mulan ingin menjadi anak yang berbakti apalagi ia putri sulung. Dalam drama tersebut diceritakan bahwa Mulan menjadi prajurit selama 12 tahun dan tetap bisa menyembunyikan identitasnya. Sedangkan yang kita tahu dalam versi Disney, tentu tidak selama itu gaes. 

Hehe kasian yang bikin film kalau dibuat selama 12 tahun. Eh, tapi bisa di skip ding. Hehe.

Lalu sebenarnya kenapa Mulan menyembunyikan identitas selama 12 tahun itu? Tentu agar tetap bisa menjadi prajurit gaes. Pada zaman itu, wanita tidak boleh menjadi prajurit karena tentu saja dianggap lemah.

Namun, ketika Mulan mendapat posisi tinggi dalam keprajuritan, dia menolak. Mulan memilih pulang ke rumah dan kembali ke kehidupannya semula menjadi seorang perempuan. Bahkan para bawahan dan atasannya sewaktu di keprajuritan terkaget-kaget ketika berkunjung ke rumahnya. Mereka kagum dengan sosok Mulan tentunya.

 

♥♣♥

 

Nah, itulah gaes cerita asli mengenai Hua Mulan yang akan tayang Maret mendatang. Sudah nggak sabar nonton pastinya, ‘kan?

Sebelum nonton, bagi kamu yang ingin belajar animasi tetapi bingung mencari tempat kursus atau sekolah animasi, sekarang ada alternatifnya lho. Kamu bisa belajar di Kelasanimasi.com.

Seperti halnya kursus animasi maupun tempat belajar animasi lainnya, di sini kamu akan dibimbing mulai dari tahap awal hingga tahap lanjut. Bahkan, jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa tanya ke Mimin kece yang bertindak sebagai tutor untuk mengajarimu.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!