Motion Capture : Pengertian dan Teknik-tekniknya

Motion Capture : Pengertian dan Teknik-tekniknya

Perkembangan teknologi memang semakin hari semakin pesat, bahkan dengan teknologi sekarang, orang-orang sudah bisa membuat film animasi atau game yang realistik. Alih-alih menggunakan komputer untuk menggerakan karakter satu persatu, teknologi sekarang mampu merekam gerakan manusia asli untuk proses pembuatan gerakan animasi, ialah Motion Capture. 

 

Pengertian Motion Capture

 

"making motion capture"

 

Motion Capture, Motion Capturing (Mocap) merupakan metode modern yang digunakan untuk merekam atau mendeskripsikan gerakan dalam animasi komputer. Yang biasanya digunakan dalam pembuatan film, game, medis, robot dan masih banyak lagi.

Dalam pembuatannya, kamu pasti tau kan titik-titik yang ada di setiap pusat pergerakan tubuh pemain, nah itu disebut marker-based motion capture. Bahkan alatnya sendiri memiliki harga sewa yang fantastis yaitu sekitar 3000 euro perbulannya, jika dirupiahkan berarti Rp. 50.463.000,00. <WOW>

Motion Capture memiliki jenis-jenis teknik tersendiri untuk pembuatan dengan model 3D ataupun untuk pembuatan game.   

 

 

Teknik pemodelan animasi 3D dibagi menjadi 3 :

  • xPolygon 

Teknik ini merupakan bentuk segitiga dari segi empat yang menentukan area dari suatu permukaan sebuah karakter. Setiap bagian Polygon menentukan setiap bidang datar dengan memberikan sekelompok polygon jadi bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Semakin banyak menggunakan polygon maka akan semakin bagus, sebaliknya jika menggunakan polygon yang sedikit maka object yang didapatkan akan terbagi menjadi sejumlah pecahan polygon.

  • Nurbs 

Teknik pemodelan ini dilakukan secara parametrik yang biasanya digunakan dalam grafik komputer. Nurbs bersifat lebih universal dari B-spline atau Bezier Spline. Karena selain bisa memodelkan segala permukaan, tapi juga bisa memodelkan geometri analitik seperti lingkaran, eclipse, bola dan lain-lain.

  • Subdivision 

Pembuatan dengan teknik ini memiliki proses yang digunakan untuk menghasilkan permukaan objek 3D menjadi lebih halus dengan membagi masing-masing poligon yang membangun objek 3D menjadi sekumpulan poligon-poligon yang lebih kecil guna menampilkan visual yang lebih halus pada permukaan objek 3D. 

 

Sedangkan teknik untuk pembuatan game, dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Teknik Full Performance

Teknik Motion Capture ini sangat umum digunakan dalam industri game saat ini, dimana prosesnya adalah merekam gerak dari tubuh pemain dan juga mimik muka dilakukan secara terpisah.  Teknik yang merekam semua gerak tubuh, mimik wajah, dan suara direkam dalam sekali ‘take’.  CEO, yang juga founder dari Quantic Dream mengatakan alasan menggunakan teknik ini adalah ingin menampilkan emosi dan juga performa maksimal dari sang aktor/aktris. 

 

  • Teknik Split Performance 

Teknik ini juga menjadi salah satu yang paling sering digunakan dalam produksi industri game yang saat ini, yaitu Teknik Split Performance. Berbeda dengan Full Performance, proses yang dilakukan yaitu merekam gerak tubuh dan mimik wajah yang dilakukan secara terpisah. 

 

Kelebihan Menggunakan Motion Capture


Dalam penggunaan Motion Capture ia menawarkan beberapa kelebihan yang lebih unggul dibandingkan dengan membuat animasi komputer secara tradisional dari model 3D.

  1. Proses pembuatan lebih cepat, jika dibandingkan dengan membentuk gerakan satu persatu menggunakan Motion Capture pasti menjadi lebih cepat, tentunya mengurangi biaya dari animasi berbasis keyframe. 
  2. Gerakan menjadi lebih realistis dan kompleks, gerakan biasa yang sebelumnya dibuat dengan cara manual, menjadi lebih mudah dibuat kembali dengan akurat. 
  3. Bisa menghasilkan data animasi yang banyak dibandingkan dengan membuat animasi tradisional. Hal ini juga menjadi pengaruh dalam efektifitas menghemat biaya dan mencapai deadline produksi.

 

Kekurangan Menggunakan Motion Capture

Dimana ada kelebihan tentu ada juga kekurangan ya kan, hehe. Yup.. selain memiliki beberapa kelebihan, inilah beberapa kekurangan dari menggunakan Motion Capture

  1. Biaya untuk software, personel dan perlengkapan yang akan dibutuhkan mungkin akan jadi penghambat untuk produksi – produksi kecil 
  2. Membutuhkan hardware dan program yang spesifik yang spesial untuk proses mendapatkan dan memproses data. 
  3. Gerakan – gerakan yang dihasilkan hanya mengikuti hukum fisika secara umum tidak bisa diambil

 

Nah itulah penjelasan dari Motion Capture, sebuah teknologi modern yang bisa menghasilkan animasi dengan cepat akan tetapi ada beberapa hal yang perlu disiapkan juga.

 

error: Content is protected !!