Review dan Sinopsis Film Populer : Kimi no Na wa

Posted on

 

Masih ingat dengan legenda Takdir Benang Merah yang sangat terkenal di Asia Timur?

Yang mengatakan bahwa dimanapun kau berada, kau sudah terikat dengan jodohmu. Aih, romantis sekali ya? Begitulah kira-kira yang akan kita lihat di film “Kimi no Na Wa”. Kisah dua remaja bernama Mitsuha dan Taki.

 

 

Film yang bergenre drama-fantasi ini memiliki arti “Your Name” atau “Namamu” dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Seorang sutradara kondang yang sudah banyak melahirkan film-film terkenal di Jepang.

 

SINOPSIS :

 

Kimi no Nawa menceritakan tentang dua remaja yang bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana yang saling bertukar tubuh satu sama lain. Awalnya mereka tidak menyadari pertukaran tubuh itu, mereka menganggapnya hanya mimpi semata. Tetapi orang-orang sekitar mengatakan kepada keduanya mengenai keanehan di diri mereka, belum lagi kejadiannya terjadi lebih dari 3 kali. Sehingga mau tidak mau mereka pun percaya.

Setelah saling menyadari keadaan satu sama lain, Taki dan Mitsuha sepakat untuk mencatat keseharian mereka dan menyampaikan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan satu sama lain agar tidak dicurigai oleh orang-orang sekitar.

 

Selama bertukar tubuh itu, mereka merasa terikat satu sama lain, bahkan tanpa sadar Mitsuha jatuh cinta kepada Taki. Mitsuha pun dengan penuh keyakinan menyusul Taki. Melakukan perjalanan menggunakan kereta dari Desa Itomori ke Tokyo.

Tetapi apa yang Mitsuha dapatkan di sana membuat ia sakit hati. Taki tidak mengenali nya sama sekali. Hingga akhirnya dengan nekad ia memberikan ikat rambut berwarna merah miliknya kepada Taki yang kemudian dipakai menjadi gelang azimat oleh lelaki itu.

 

Dari sisi Taki sendiri setelah ia menyadari pertukaran tubuhnya dengan Mitsuha, ia berencana menemui gadis itu di Desa Itomori. Tetapi yang ia dapatkan di sana hanyalah sebuah desa yang telah porak poranda akibat bencana meteor jatuh pada 3 tahun yang lalu. Barulah ia sadar bahwa ia melakukan pertukaran tubuh dengan gadis yang sudah tiada.

Tetapi, Taki tidak ingin menyerah, ia berusaha mengingat-ngingat apapun petunjuk yang bisa membawanya kepada Mitsuha hingga akhirnya dia nekat untuk pergi ke gunung tempat makam keluarga Miyamizu. Di sana ia meminum sake yang dibuat oleh Mitsuha sebagai persembahan. Dari sinilah mereka akan bertemu kembali ketika Kataware-doki.

 

KEBERADAAN TEMPAT KIMI NO NA WA DALAM DUNIA NYATA

 

Bukan hanya mitos menarik yang dibawakan oleh Makoto Shinkai, tetapi kita juga dapat mengetahui tempat-tempat menarik di Jepang yang menjadi latar Kimi no Na wa. Salah satunya yakni Danau Suwa yang menjadi danau tempat mendaratnya meteor di Desa Itomori. 

 

 

Ada juga Pulau Aogashima yang menjadi Makam Miyamizu. Jika di filmnya berbentuk seperti gunung, maka di kenyataannya yakni berbentuk sebuah pulau vulkanik. Pulau yang hanya bisa dijangkau menggunakan helikopter yang hanya dapat mengangkut 9 orang penumpang.

 

Nah, di pulau inilah terjadi pertemuan antara Taki dan Mitsuha ketika Kataware-doki. Apa itu Kataware-doki? Yaitu pintu gerbang bertemunya antara yang gaib dengan yang nyata. Ini dibuktikan dengan waktu Mitsuha yang termasuk gaib karena terjadi di masa lalu, sedangkan Taki yang termasuk nyata karena berada di masa sekarang.

 

SONG LIST KIMI NO NAWA :

 

Bukan hanya cerita dan grafiknya saja yang membuat kita terpukau, lagu latar yang dibawakan oleh Radwimps berhasil menyentuh hati. Membawa para penonton ikut hanyut dalam suasana yang diciptakan Taki dan Mitsuha.

 

Beberapa daftar lagunya berikut ini 

  1. Zenzenzense
  2. Yume Toro
  3. Supakuru
  4. Nandemonaiya 

 

Karena ending scene Kimi no Nawa yang terasa gantung, hanya terjadi pertemuan antara Taki dan Mitsuha di tangga, membuat para penonton berharap dibuat season 2 nya.

 

Hm, apakah benar akan ada season 2 dari Kimi no Nawa? Sepertinya tidak, karena menurut Mimin nih ending seperti ini sudah terasa pas sehingga tidak perlu ada lanjutannya lagi. Penonton bisa berimajinasi sendiri bagaimana akhir yang baik untuk keduanya.

 

Nah, sekian dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam Matahari!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *