10 Solusi Agar PC dan Laptop Tidak Lemot!

Posted on
kelas-belajar-animasi-online
misel

Dari kemarin, banyak banget nih Member yang bilang ke Mimin solusi biar laptop tidak lemot atau pc ketika membuat animasi. Apakah kamu juga termasuk diantaranya?

Kalau Mimin bilang sih iya, karena kamu sekarang lagi ada di sini baca artikel dari Mimin. Hehe. 

Sebelum kita membicarakan cara agar pc atau laptop mu tidak lemot, kita lihat dulu yuk, apa saja sih penyebab pc dan laptop bisa menjadi lemot?

 

 

 

"solusi untuk laptop lemot"

 

  • Usia Harddisk yang Sudah Lama

    Biasanya ini terjadi pada perangkat yang usianya lebih dari 3 tahun. Hal tersebut karena terjadinya penurunan performa kerja perangkat tersebut sehingga menyebabkan laptop atau pc mu lemot.

  • Memori Harddisk yang Penuh

    Kamu yang suka mendownload anime atau drama asia sebaiknya mulai harus memilah-milah file gaes. Karena kalau sampai membuat harddiskmu penuh, tentu akan membuat pc atau laptopmu melambat kinerjanya.

  • Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan

    Biasanya kita pasti menjalankan lebih dari satu aplikasi agar mempercepat pekerjaan, tapi ternyata hal ini malah membuat perangkatmu semakin lemot lho. Hal tersebut karena kapasitas RAM terbatas ya gaes.

  • Banyaknya Startup Program

    Ketika kamu membuka laptop/pc dan terdapat program yang sudah menyala, itu adalah startup program. Biasanya startup program berupa antivirus. Namun, ada beberapa program lain yang juga terbuka lho.

    Jadi, semakin banyak aplikasi yang berjalan di background otomatis, maka akan semakin lemot pula kinerja laptop atau pc mu.

  • Membuka Browser Tab Terlalu Banyak

    Niatnya sih biar sekalian selesai, eh ternyata malah baru selesai download dan ngerjain tugas 1 abad kemudian. RAMnya kemakan banyak gaes. Mon maap, Mimin jadi ikutan curcol nih. Hehe.

  • Terinfeksi Virus

    Kalau kamu suka download bajakan, yah Mimin juga kadang gitu sih, harus hati-hati ya gaes. Karena biasanya kita enggak sengaja klik link aneh-aneh dan terkena virus dari website tersebut.

  • Terlalu Aktifnya Antivirus

    Karena enggak mau terkena virus secara online maupun offline, kita pasti download antivirus dong. Tapi ternyata, antivirus yang terlalu aktif ini membuat aplikasi yang berjalan jadi terlalu lemot lho. 

  • Ukuran RAM yang Kecil

    Biasanya yang beli laptop hanya untuk kebutuhan ngetik dan browsing saja pasti memiliki ukuran RAM yang kecil. Mirip punya Mimin sih. Hehe.
    Nah, RAM kecil ini lah kalau untuk membuka banyak program pastilah lemot

  • Jarang Melakukan Update OS

    Biasanya kita jarang melakukan update karena malas atau memakai software bajakan. Karena kalau ingin melakukan update, pasti akan lebih cepat ketahuan oleh pihak Windows maupun MacOS.