Tips Belajar Animasi untuk Pemula

Tips Belajar Animasi untuk Pemula

Banyak yang mengira atau bahkan ‘percaya’ membuat animasi itu sulitttt bangett.. ya meskipun ada rumit-rumitnya dikit tapi kalo udah terbiasa pasti kan jago juga. 

Ibaratnya… seperti ‘kamu gak bisa naik mobil, tapi bilang ke orang yang bisa naik mobil kalo nyetir itu rumit’  nah lohh 😀 padahal mah kalo udah terbiasa, ya easy-easy aja hihihi..

Jadi… tergantung persepsi masing-masing ya, yang jelas kalo buat animasi itu sulitttt banget, ya gak ada yang bisa buat dong ya. 

Selain itu, kamu juga harus tau passion kamu itu apa ya, kalo misal passion mu itu bikin videografi, tapi.. kamu iseng-iseng pengen bikin animasi karna ikut-ikutan, nah kalo itu gak bisa ya gaes. Soalnya kalo untuk iseng-iseng itu akan buat kamu cepat bosan. 

 

 

Sebelum memulai membuat animasi pastikan kamu sudah menemukan passion kamu di animasi yang mana ya gaes hehe.. Soalnya kalo kamu mengerjakan animasi tanpa passion, semua yang dikerjakan akan terasa menjadi beban. 

Pastikan kamu senang dengan apa yang kamu kerjakan dan juga menikmati prosesnya <itu yang penting> oiya satu lagi, konsisten! 

Maka dari itu, simak tips belajar animasi untuk pemula berikut ini :

 

  • Pilih dan Pelajari Software Yang Diperlukan

Software untuk membuat animasi memang banyak sekali jenisnya, dan setiap softwarenya memiliki kelebihan fitur masing-masing sampai fungsi yang berbeda. Ada yang khusus untuk animasi 2D, untuk animasi 3D, atau untuk desain grafis.

Kalo misal kamu masih bingung, tenang.. kamu bisa mencari info software mana yang cocok untukmu, sebelum mendownload.

 

  • Belajar Dari Tutorial

Setelah software, kamu bisa mencari tutorial yang cocok untukmu. Di internet sudah banyak sekali tutorial yang bisa kamu tonton/download secara gratis. Akan tetapi kekurangannya adalah kamu tidak tau modul mana yang cocok untuk tahap awal atau untuk evaluasi.

Dan kamu juga akan kebingungan karena tidak bisa menanyai orang yang memberikan tutorial. 

Jadi cobalah mencari tutorial yang bisa membantu kamu ya 🙂

 

  • Mempelajari Pembuatan Objek

Sebelum membuat animasi, tentu kamu harus belajar membuat objek terlebih dahulu. Karena pada dasarnya animasi itu membuat suatu objek menjadi bergerak, kalo tidak dibuat apa yang mau di animasikan ngehehe..

Kalo kamu sedikit kesulitan membuatnya, kamu bisa coba pakai template yang sudah disediakan di internet.

 

  • Menerapkan Ilmu yang didapat, Modifikasi, Ciptakan yang baru

Setelah mempelajari semua, sekarang saatnya praktik. Untuk awal kamu bisa memulai dengan memodifikasi contoh animasi yang kamu inginkan, lalu buatlah animasi yang baru hasil karyamu sendiri. 

Kalo kamu sudah memahami cara kerja dari software, maka kamu bisa membuat idemu sendiri lalu menuangkannya melalui karya yang kamu ciptakan.

 

  • Mulai Mempelajari Software lainnya

Jangan cepat puas kalo kamu baru bisa menguasai 1 software, cobalah untuk mempelajari atau menguasai software lainnya. Selain bisa membuat mu tertantang karena berbeda dari yang kamu kuasai, kamu juga bisa memadukan animasi dari software yang satu dengan yang lainnya.

Itulah beberapa tips belajar animasi untuk pemula, perlu diketahui ya gaes, memulai sesuatu yang belum pernah kamu kerjakan itu memang sulit.

Tapi adakalanya kamu akan terbiasa dan menguasainya seiring berjalannya waktu. Dan… belajar sesuatu yang baru itu menyenangkan kok.

So… keep going! 😀 

 

error: Content is protected !!