Tips Jadi Freelancer yang Disukai Klien!

Posted on

 

"kursus belajar online"

Guys, kamu pasti sudah familiar dengan kata “freelancer”. Freelancer atau pekerja lepas, sesuai namanya mereka adalah orang yang bekerja secara mandiri, gak terikat kontrak kerja dengan sebuah perusahaan.  Nah, kali ini kita akan membahas tips jadi freelancer yang disukai orang.

Freelancer melakukan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya. Contohnya sebagai desainer grafis, sebagai voice over, copywriter, desainer website, dan masih banyak lagi.

 

Pas banget nih mimin kemarin abis kepoin temen mimin yang bekerja sebagai freelancer. Kalo kamu lagi males baca, dengerin di sini aja yuk!

 

 

Fun fact nih buat kamu, dilansir dari Tempo.co menurut Badan Pusat Statistik pada bulan Agustus tahun 2020 tercatat ada 33,34 juta orang yang bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer. Dan ada peningkatan 26% nih dari tahun sebelumnya.

Wow, besar banget ya angkanya. Ternyata makin hari profesi sebagai freelancer itu makin eksis yaa. Tapi apa sih yang bikin orang-orang mau terjun ke dunia freelancing?

 

Kerjanya Fleksibel

YUP! salah satu tips jadi freelancer yang disukai klien adalah

Bekerja sebagai freelancer gak terpatok waktu guys. Kamu bisa kerjain kapan aja, asalkan project mu selesai tepat waktu.

Beda banget sama kerja kantoran yang bekerja 8 jam sehari. Umumnya mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Kamu juga bisa kombinasikan keduanya guys! Kamu bisa aja udah jadi pegawai di sebuah kantor atau perusahaan dan tetap mengambil job sebagai freelancer. Itung-itung nambah penghasilan sih hehehehehe

Selain bebas mengatur waktu kerjamu, kamu juga bisa memilih lokasi favorit mu untuk bekerja. Bisa di kamar tidur, di ruang tamu, di cafe, dan lain sebagainya.

 

Bekerja Sesuai Passion dan Skill

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, seorang freelancer itu bekerja sesuai dengan keahlian dibidangnya. Alias kamu bisa bekerja sesuai bidang yang kamu kuasai dan sukai.

Misalnya kamu jago bikin desain yang unik dan authentic, kamu bisa ambil kerjaan sampingan sebagai freelancer untuk membuat logo perusahaan atau produk.

Beda lagi kalau kamu suka menulis. Kamu bisa ambil sampingan buat jadi blog writer, ghost writer, atau sebagai copywriter.

Nah para freelancer ini mendapatkan gaji tergantung dari banyaknya project yang mereka ambil. Jadi saat memilih menjadi freelancer kamu harus rajin mencari project agar pendapatan mu bisa mengalir terus. hihihi

 

Tapi perlu kamu ketahui nih, jadi freelancer itu gak mudah guys. Ada hal-hal yang tetap harus diperhatikan.

Yuk, simak tips menjadi freelancer yang disukai klien~

 

  • SKILL

Yang pasti, kamu harus persiapkan skill yang akan kamu “jual” kepada klien. Jangan sampai kamu terjun bebas tanpa persiapan skill ya guys. Kamu sebaiknya persiapkan skill mu agar dapat bersaing dengan ribuan pejuang freelancer lainnya.

 

Selain itu kamu bisa menambahkan portofolio terbaikmu untuk membuat orang-orang tertarik menggunakan jasamu.