5 Perbedaan Cycles Render dan Blender Render

Posted on

Namun, blender render juga bisa seperti ray tracing dengan mengaktifkan beberapa elemen lain seperti ambient occlusion atau environment lighting.

Lalu, pada Cycles Render bisa menggunakan pemilihan GPU sehingga akan mempercepat proses rendering. Tetapi, enggak semua GPU akan support, hanya GPU tertentu yang bisa melakukannya. Sedangkan pada Blender Render tidak terdapat demikian.

 

  • Kecepatan Render

rendering-blender

Pada Blender Render hitungannya termasuk cepat. Untuk 1 objek kubus saja tidak memerlukan waktu sampai 1 detik. Sedangkan pada Cycles Render terhitung lambat. Untuk 1 objek kubus bisa memerlukan waktu sampai 4 detik.

Dari perbandingan keduanya, kamu bisa membuktikannya sendiri.

 

  • Tingkat Realistik

 

blender-render

 

Pada Cycles Render lebih mudah membuat objek semirip mungkin dengan aslinya, sedangkan pada Blender Render memerlukan setting yang lebih rumit jika ingin hasilnya lebih realistik, seperti mengaktifkan ambient occlusion atau environment lighting dan beberapa elemen lainnya.

Contohnya bisa terlihat ketika ingin membuat pencahayaan pada objek kristal, gelas, atau stainless. Pada proses settingannya lebih mudah menggunakan Cycles Render.