Daftar Studio Animasi Keren di Indonesia

Posted on

Mulai memasuki semester genap, bagi siswa SMK tingkat 2 pasti sedang mencari tempat magang. Hal tersebut juga sama untuk mahasiswa tingkat akhir. 

Untuk membantu kamu, Mimin bikin list daftar studio animasi di Indonesia nih. Siapa tahu, kamu berminat untuk mendaftar magang di beberapa studio ini. 

Langsung aja kita intip beberapa studio animasi di bawah ini.

 

 

  • Infinite Framework Studios

 

Infinite Framework Studios batam

 

Bagi kamu yang sudah pernah menonton film “Sing to The Dawn” atau dalam Bahasa Indonesianya “Meraih Mimpi” pasti tidak akan asing dengan studio yang satu ini.

IFS merupakan studio yang bertempat di Singapura dan Kota Batam. Berdiri sejak tahun 1997 dan merupakan studio terbesar se Asia Tenggara.

Karena letaknya yang lebih dekat dan strategis ke arah Singapura, studio ini lebih banyak menggarap pesanan dari luar negeri. Beberapa  filmnya, yaitu Joker Game, Halfworlds, Headshot, ILY from 38000 feet, Beyond Skyline, Negeri Singa, Serangoon Road, dan 1965.

Karena menyuplai studionya dengan talenta-talenta hebat dari Indonesia dan Singapura, IFS terbiasa mengerjakan projek-projek dari Disney dan Nickelodeon.

 

  • BASE Studio

 

BASE Studio
BASE Studio

 

Bertempat di Bali sejak 2015, studio ini fokus pada penyedia konten animasi, pengembangan IP, dan layanan pendidikan.

Animasi yang pernah digarap yakni Sonic Boom Season 2 (Technicolor in US), Luna Petunia (Brain Power Studio in Canada), Vampirina (Brown Bag Films Ireland), dan Petualangan Si Unyil (PFN Indonesia).

Dan beberapa animasi garapan mereka ini juga sudah mendapat beberapa macam penghargaan. So, siapkan portofoliomu untuk mendaftar magang di sana ya gaes!

 

  • The Little Giantz

 

The Little Giantz

 

Siapa sih yang enggak kenal Nussa dan Rara? Nah, dari studio yang bertempat di Cilandak, Jakarta dan Malang inilah Nussa dan Rara terbentuk.

Meski hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk membuat serialnya, tetapi tetap pihak Little Giantz mengalami banyak revisi dalam proses pembuatannya.

Memiliki animator berjumlah 150an orang, The Little Giantz sudah sering mendapat tawaran kerja sama dengan pihak luar. Sehingga jika kamu memang berniat untuk magang ataupun kerja di sini, kamu benar-benar harus mempersiapkan portofolio yang menarik gaes!

 

  • Enspire Studio

 

Enspire Studio

 

Salah satu pendirinya bernama Andre Surya yang sudah terkenal malang melintang sebagai CG Artist di sejumlah film hollywood. Studio ini fokus untuk membuat animasi 3D perfilman dan periklanan. Juga memiliki sekolah bernama Enspire School of Digital Arts (ESDA).

ESDA sendiri sudah banyak mencetak para animator handal dari para alumninya yang berjumlah sekitar 1500 orang.

 

  • MSV Picture (MSV Studio)

 

MSV Picture (MSV Studio)

 

Bagi kamu yang sudah pernah menonton Battle of Surabaya, pasti sudah nggak asing dengan studio ini. Jika dulunya bernama MSV Picture, sekarang berganti nama menjadi MSV Studio.

Sebuah studio yang bertempat di Yogyakarta dan dibentuk sejak 2002. Animasi lain yang digarap studio ini yaitu Ajisaka, Lembah Halilintar, dan Bos The Series (serial turunan dari Battle of Surabaya).

 

  • Mocca Studio

 

Mocca Studio

 

Berdiri sejak 2013, studio yang bertempat di Malang ini didirikan oleh Aditya Yustantyo bersama 2 kawannya. Terkenal dengan program magangnya yang sering diadakan setiap tahun untuk animator 2D maupun 3D. Mocca pernah memenangkan Anifest 2013 untuk film Cak Rowi.

Kalau dari Mimin sendiri pernah tertarik untuk mendaftar magang sebagai animator 2D di sana, hanya saja karena penerimaan siswanya terbatas, Mimin enggak diterima. Haha.

Bekerja sama dengan Komalima (sebuah komunitas animasi di Malang), Mocca juga sering mengadakan workshop bersama Komalima. Jadi, bagi kamu anak Malang, bisa nih daftar magang ke studio ini mumpung masih dibuka lho.

 

☘☘☘

 

Nah, segitu dulu gaes review dari Mimin tentang studio-studio animasi di Indonesia. Dan, sebenarnya masih banyak lagi studio-studio lain. Hanya saja yang paling terkenal ya 6 di atas ini gaes. hehe.

Oh iya, bagi kamu yang mau belajar animasi tapi bingung mulainya dari mana, cukup gabung aja ke Kelasanimasi.com.

Di sini kamu akan diajari membuat animasi dari tahap awal sampai tahap lanjut. Juga kamu akan dibimbing oleh para Mimin kece dan member lainnya lho. 

Yup, sekian dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *