Peran Animasi dalam Bidang Periklanan

Posted on

 

Setelah hampir satu jam mengeksplore instagram dan Whatsapp sehabis pulang bekerja, ada temen Mimin yang tiba-tiba heboh nih di grup.

Mimin yang penasaran langsung lah capcus nge cek grup. Ternyata oh ternyata temen-temen di grup komik pada heboh setelah lihat iklannya pocari yang menggunakan animasi. 

Mana style nya juga mirip dengan anime buatan Makoto Shinkai, yakni perpaduan Tenki no Ko dan Kimi no Nawa. Keren banget donk!

 

Banyak spekulasi yang mengatakan iklan tersebut buatan ComixWave Films. Bahkan juga ada yang bilang iklan tersebut buatan Timeline Studio asal Denpasar atau Renaria Animation yang pernah membuat iklan animasi untuk Gojek.

Namun, dari pihak brand yang mengusung iklan itu sendiri yakni Pocari Sweat tidak mengeluarkan komentar apapun. Mereka hanya mengatakan akan mengumumkan proses produksi iklan tersebut pada tanggal 16 November 2019 nanti di acara Pocari Sweat Festival. Nah, bagi pecinta animasi jangan lupa dicatat tanggalnya ya.

By the way soal iklan nih, Mimin kepikiran kenapa mulai banyak ya, entah itu perusahaan atau layanan masyarakat, yang menggunakan animasi sebagai media iklan? Contoh seperti yang Mimin sebut di atas.

Nah, setelah Mimin browsing-browsing dan analisis lagi, ternyata ada beberapa faktor yang menjadikan mereka memilih animasi sebagai media iklan seperti berikut ini nih.

 

  • Lebih efisien karena biaya pembuatan iklan animasi lebih murah dibanding membuat iklan non animasi

Hal ini karena proses pembuatannya tidak sama dengan iklan non animasi. Jika iklan biasa, perusahaan atau layanan masyarakat harus repot-repot menyediakan alokasi anggaran syuting dan bintang iklan. Maka dengan iklan animasi (terutama yang menggunakan satu karakter utuh), kita hanya membutuhkan media teknologi komputer yang menggunakan software animasi.

 

  • Sesuatu yang sulit dan tidak dapat dijangkau dengan proses syuting dapat diilustrasikan dengan animasi

Seperti penggambaran keringat di iklan pocari yang terlihat lebih jelas atau efek-efek lainnya. Lalu, penggambaran visual yang dibangun tidak berbeda jauh dengan aslinya.

 

  • Dengan animasi, iklan menjadi terlihat lebih atraktif dan menarik

Target market yang dibidik pun bisa menjangkau semua umur. Biasanya yang sering menggunakan alasan ini adalah pengiklanan suatu produk yang ditujukan untuk anak-anak, layanan masyarakat, produk kesehatan, dan lain lain.

 

  • Menghadirkan sesuatu yang baru

Biasanya ini dari teman-teman Mimin yang bilang sudah bosan melihat bintang iklan yang itu-itu saja. Sehingga ketika mereka melihat iklan yang menggunakan animasi, mereka jadi tidak bosan melihat iklan di tv. Bahkan cenderung tidak akan mengganti chanel tv nya.

 

Nah, setelah memaparkan alasan mereka menggunakan iklan animasi. Mimin ingin kasih contoh nih beberapa produk yang menggunakan animasi sebagai media iklannya.

 

 

  • Pocari Sweat – Bintang SMA

 

 

Seperti yang Mimin bilang di atas, iklan ini jadi yang nomor 1 ajibnya buat Mimin. Hehe…

 

Menceritakan mengenai dua remaja SMA bernama Reza dan Ayu yang ingin mengikuti audisi Bintang SMA di kota Reza, yakni Jakarta. Awalnya Ayu ragu karena terkendala jarak. Ia berada jauh di Bali. 

 

Kemudian berkat bujukan Reza, Ayu pun memantapkan niatnya berangkat ke Jakarta. Mereka pun sama-sama mengikuti audisi Bintang SMA.

 

 

  • Go-Jek: “Little Things”

 

 

Animasi ini dibuat oleh Renaria Animation dalam rangka mengikuti lomba Go-Video yang diadakan oleh Go-Jek pada tahun 2017.

 

Menceritakan tentang gadis kecil yang sedang memperhatikan kehidupan susah orang-orang di suatu halte bus. Lalu Ibunya memberikan nasihat untuk memulai mengubah dunia dan membantu orang-orang yang kesusahan dimulai dengan melakukan hal-hal kecil. Nasihat ini pun dia ingat sampai dirinya tumbuh dewasa, dia pun bekerja di kantor Go-Jek. Membantu orang-orang yang dulu dilihatnya kesusahan.

 

 

  • Oreo: Beri Oreo Untuk Si Vampir

 

 

 

Mimin yakin begitu mendengar lirik iklan ini kamu akan langsung hapal liriknya sambil flashback Iklan Oreo tahun 2015 silam. salah satu jingle iklan yang paling catchy dan sering dinyanyikan anak-anak pada saat iklan ini tayang di TV. Lagu ini berjudul Oreo Wonderfilled yang dinyanyikan oleh Owl City dan diterjemahkan ke lirik Indonesia.

 

  • Bukalapak: Pahlawan Untuk Semua

 

 

Ini adalah iklan yang dibuat Renaria Animation sebelum membuat iklan untuk Go-Jek yang viral itu.

Iklan tersebut menceritakan perjuangan kurir bukalapak mengantarkan barang pesanan customer secara tepat waktu walaupun banyak kendala seperti hujan dan macet. Jadi sudah tahu, kan, siapa yang disebut sebagai ‘pahlawan semua orang’ dalam iklan ini?

 

–||–

 

Nah, sekian dari Mimin kali yang membahas mengenai Peranan Animasi dalam Periklanan. Berminat untuk membuat iklan seperti di atas? Hehe… Mimin juga.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *