Peran Animasi dalam Bidang Periklanan

Posted on

 

Setelah hampir satu jam mengeksplore instagram dan Whatsapp sehabis pulang bekerja, ada temen Mimin yang tiba-tiba heboh nih di grup.

Mimin yang penasaran langsung lah capcus nge cek grup. Ternyata oh ternyata temen-temen di grup komik pada heboh setelah lihat iklannya pocari yang menggunakan animasi. 

Mana style nya juga mirip dengan anime buatan Makoto Shinkai, yakni perpaduan Tenki no Ko dan Kimi no Nawa. Keren banget donk!

 

Banyak spekulasi yang mengatakan iklan tersebut buatan ComixWave Films. Bahkan juga ada yang bilang iklan tersebut buatan Timeline Studio asal Denpasar atau Renaria Animation yang pernah membuat iklan animasi untuk Gojek.

Namun, dari pihak brand yang mengusung iklan itu sendiri yakni Pocari Sweat tidak mengeluarkan komentar apapun. Mereka hanya mengatakan akan mengumumkan proses produksi iklan tersebut pada tanggal 16 November 2019 nanti di acara Pocari Sweat Festival. Nah, bagi pecinta animasi jangan lupa dicatat tanggalnya ya.

By the way soal iklan nih, Mimin kepikiran kenapa mulai banyak ya, entah itu perusahaan atau layanan masyarakat, yang menggunakan animasi sebagai media iklan? Contoh seperti yang Mimin sebut di atas.

Nah, setelah Mimin browsing-browsing dan analisis lagi, ternyata ada beberapa faktor yang menjadikan mereka memilih animasi sebagai media iklan seperti berikut ini nih.

 

  • Lebih efisien karena biaya pembuatan iklan animasi lebih murah dibanding membuat iklan non animasi

Hal ini karena proses pembuatannya tidak sama dengan iklan non animasi. Jika iklan biasa, perusahaan atau layanan masyarakat harus repot-repot menyediakan alokasi anggaran syuting dan bintang iklan. Maka..