Review Anime : “Another” – Orang Mati yang Menyelinap di Sekolah

Posted on

Pernah nggak sih kalian bayangin orang-orang di sekitar kalian yang sudah meninggal tiba-tiba hidup kembali? Bahkan mereka kembali beraktivitas seperti biasa di sekitar kalian.

Mimin sendiri nggak bisa bayangin karena itu mengerikan! Tetapi dalam anime yang berjudul “Another” ini, kita akan disajikan kisah sedemikian rupa. Menceritakan kembali tentang kehidupan dari orang mati yang memakan banyak korban jiwa demi terus bisa berada di dunia.

 

SINOPSIS

 

Another dimulai dengan menceritakan seorang siswi berprestasi pada tahun 1972 di SMP Yomiyama Utara. Siswi yang sangat populer di kalangan guru-guru bahkan murid lainnya. Murid itu bernama Misaki dari kelas 3-3, tetapi ia meninggal secara tiba-tiba ketika pelajaran di sekolah tengah berlangsung. Hal itulah yang disayangkan oleh para murid dan guru di sana.

Saking sayangnya terhadap Misaki, para murid dan guru di sana menganggap Misaki masih ada. Bahkan menyediakan kursi kosong tambahan untuk Misaki. Ketika kelulusan pun kursi kosong tersebut ikut serta untuk difoto. Hingga akhirnya tiba-tiba Misaki muncul di foto kelulusan tersebut.

 

Namun keanehan terjadi di tahun berikutnya di kelas 3-3. Ada seorang murid tambahan yang seharusnya tidak ada di kelas itu sehingga kursi yang harusnya cukup untuk para murid malah masih kurang. Dari sinilah kutukan untuk kelas 3-3 dimulai. Setidaknya dalam satu bulan sekali akan ada seorang murid atau kerabat yang meninggal (entah itu karena sakit atau tertimpa musibah).

Untuk kekerabatan sendiri yang masih termasuk dalam kutukan yakni 3 tingkatan (Kakek-nenek, ayah-ibu, saudara kandung).

 

Kutukan itu berlanjut terus menerus hingga tahun-tahun berikutnya dan misteri tentang murid tambahan itu baru bisa diketahui biasanya setelah perayaan kelulusan tiba. Dan biasanya murid tambahan itu adalah salah satu korban kutukan dari kelas 3-3 di tahun-tahun sebelumnya.

Dikarenakan adanya kutukan ini, Kota Yomiyama memilik atmosfer yang sangat suram. Apalagi kutukan itu sudah diketahui oleh para alumni SMP Yomiyama Utara sendiri.

 

Setelah waktu berjalan selama dua puluh enam tahun, seorang remaja berumur 15 tahun bernama Sakakibara Kouchi pindah sekolah ke SMP Yomiyama Utara di kelas 3-3 dari Tokyo. Ia pindah ke Kota Yomiyama karena pekerjaan ayahnya sehingga ia harus tinggal bersama kakek, nenek, dan bibinya. Setelah sebelumnya mendapat perawatan di rumah sakit, ia kemudian mengikuti pelajaran bersama kawan-kawannya. 

 

 

Di sekolah baru, ia bertemu dengan seorang gadis berpenutup mata bernama Misaki Mei. Sebelumnya ia bertemu dengan gadis itu saat di rumah sakit dan Mei membawa sebuah boneka hendak pergi ke kamar mayat. Maka dari itu di sekolah ia ingin mengenal lebih dekat dengan Mei, tetapi ia melihat Mei seperti dikucilkan karena teman-teman serta wali kelasnya seakan tidak mengetahui keberadaan gadis itu. Bahkan awalnya Kouchi mengira Mei adalah hantu.

 

Kouchi tidak mempedulikan peringatan dari teman-temannya termasuk dari Mei. Ia berpikir hanya ingin dekat dengan Mei hingga akhirnya muncul kejadian-kejadian yang menyebabkan kematian murid-murid di kelas itu bahkan orang-orang terdekat mereka.

Salah satu kematian paling membekas bagi para fans Another adalah ketika seorang murid perempuan yang dikabari ibunya sakit dan harus pulang malah terpeleset di tangga. Saat terpeleset itu, payung yang sedang ia buka jatuh dan ujungnya malah menancap di lehernya. Itu sangat bikin Mimin merinding gaes!

 

Kemudian di suatu waktu, Kouchi dan kawan-kawannya menemukan petunjuk untuk menghentikan kutukan tersebut seperti yang terjadi pada 15 tahun yang lalu. Kouchi, Mei, dan teman-temannya serta wali kelas mulai berjuang mengungkap rahasia di balik kutukan kelas 3-3. Mereka juga berjuang mencari tahu siapa yang menjadi tambahan sehingga dapat menghentikan kutukan itu.

 

 

Sebagai anime yang bernuansa kelam, Another berhasil membawa para penontonnya menikmati tiap adegan dan menebak-nebak misterinya. Bahkan Mimin sendiri sampai salah tebak kalau Misaki yang meninggal pada tahun 1972 hidup lagi.

 

Nah, sekian review dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *