Review film : “Weathering With You”, Kisah Cinta Dua Remaja Bersama Hujan

Posted on

 

Sebagai pecinta hujan atau biasa disebut pluviophile, Mimin merasa terharu karena malam ini akhirnya hujan datang gaes! Dan, Mimin bisa menebus rindu hati yang membara ini dengan aroma tanah basah atau biasa disebut petrichor. Uh, surga hujan pokoknya buat Mimin! //lebay hehe.

Ngomong-ngomong soal hujan nih, tiba-tiba Mimin jadi ingat dengan film anime “Weathering With You” yang rilis pada tanggal 21 Agustus 2019.

Film ini disutradarai oleh Makoto Shinkai. Salah satu sutradara kondang yang pada tahun 2016 telah sukses dengan salah satu filmnya yang berjudul “Kimi no Na wa”, film yang bikin Mimin baper selama sebulan dan ga bisa tidur setelah menontonnya. Hiks… 

 

SINOPSIS :

 

Weathering With You menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Hodoka yang berasal dari desa terpencil di Shikoku dan pindah ke Tokyo. Di Tokyo, ia bertemu dengan Keisuke, seorang pria aneh yang menawarkan bantuan kepadanya. Merasa aneh dengan orang tersebut, Hodoka memutuskan untuk mencoba mencari peruntungan yang lain.

 

Namun dia menghadapi kesulitan yang datang silih berganti dalam perjalanan nya. Setelah beberapa kali tidur di jalanan karena tidak ada orang lain yang bisa dihubungi, Hodoka memutuskan untuk menghubungi Keisuke. Hodoka mendapatkan tawaran bekerja sebagai penulis majalah lokal milik Keisuke yang membahas supernatural dan hal hal aneh.

 

Selama di Tokyo, Hodoka selalu diikuti cuaca aneh dimana hujan turun tiada henti. Saat menulis sebuah cerita, dia mendengar kisah pengendalian cuaca. Dia berusaha mencari kebenaran dari legenda urban di mana ada seorang gadis muda yang memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan dan membuat langit menjadi cerah kembali. Pencariannya ini membuatnya bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yang memiliki kekuatan luar biasa yang dapat mengendalikan cuaca.

 

Weathering With You dalam Bahasa Jepang berjudul “Tenki no Ko”. sedangkan untuk artinya sendiri yaitu Anak [Sang] Cuaca. Wah, pas sekali dengan isinya yang menceritakan tentang cuaca.

 

LEGENDA DAN MITOS

 

Seperti biasa, dalam Weathering With You, kita kembali disajikan dengan berbagai legenda dan mitos yang dimasukkan oleh Makoto Shinkai. Kali ini mitos yang dibawa yakni tentang gadis sinar matahari. Berbeda dengan Kimi no Na wa yang membawa mitos tentang Takdir Benang Merah.

 

Dahulu kala di Jepang, terutama di setiap daerah ada gadis sinar matahari yang dapat mengendalikan cuaca. Nah, di film ini kita dapat melihat Tokyo yang dilanda hujan sepanjang tahun. Terus menerus mendung seperti hati Mimin. Ups! Sehingga orang-orang di Tokyo sangat merindukan datangnya sinar matahari.

 

 

Bukan hanya mengenai legenda dan mitosnya. Kita juga disajikan dengan kisah romansa anak remaja yang begitu polos dan naif antara Hodoka dan Hina.

 

Belum lagi grafiknya yang seperti biasa, selalu WOW, kita akan melihat perpaduan landscape Kota Tokyo dengan dihiasi rintik hujan kemudian sinar matahari yang perlahan-lahan mulai masuk menyinarinya. Ah, bukankah itu sangat indah kawan…

 

SONG LIST WEATHERING WITH YOU

 

Setelah sukses mengisi lagu-lagu di Kimi no Na wa (2016), dalam Weathering With You pun kita kembali dimanjakan dengan lagu-lagu Redwimps.

 

Salah satunya yakni “Grand Escape”, kita akan dibuat merinding dengan tempo lagu yang berawal pelan dengan akhiran yang cukup menghentak. Sangat pas dengan adegan ketika Hodaka dan Hina melayang-layang di langit.

 

Dan, jangan lupakan juga lagu-lagu lainnya yakni “Is There Still Anything That Love Can Do?” dan “Rain Again”. Dijamin ciamik dan membuat hatimu ikut bergetar meresapi suasana filmnya.

 

Nah, sekian dulu dari Mimin nih. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! Salam Matahari!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *