Sejarah Perkembangan Animasi di Indonesia

Posted on

 

kelas-belajar-animasi-online

Jika kemarin-kemarin kita sudah membahas mengenai sejarah singkat animasi dunia. Nah, kali ini Mimin akan membahas mengenai proses masuknya animasi di Indonesia.

Pasti penasaran dong, bagaimana bisa sih animasi masuk ke Indonesia?

Mengingat budaya tutur tinular (bercerita melalui syair, karya sastra, dan lagu) masih lebih kental daripada budaya lukisnya.

Yup, langsung saja yuk kita mulai pembahasan masuknya animasi di Indonesia.

 

SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DI INDONESIA

 

  • Era 50-an

 

Pada masa pemerintahan Ir. Soekarno yang terkenal sangat menghargai seni, bersamaan dengan iklan-iklan Disney yang mulai masuk ke koran-koran Indonesia. Beliau kemudian mengirimkan salah satu orang Indonesia ke Amerika untuk belajar tentang animasi.

Orang tersebut bernama Dukut Hendronoto yang menciptakan animasi berjudul “Si Doel Memilih”. Animasi tersebut digunakan untuk kepentingan politik, yaitu mengkampanyekan pemilihan umum pertama di Indonesia pada tahun 1955.

Film animasi ini masih berbentuk 2 dimensi dan menjadi tonggak dimulainya animasi modern di Indonesia.

 

  • Era 70-an

 

timun-mas
Timun Mas

Pada tahun ini, terdapat sebuah studio animasi pertama di Indonesia bernama Anima Indah di Jakarta yang didirikan oleh warga Amerika. Namun, Anima berkembang hanya di bidang periklanan.

Studio animasi Anima Indah juga memberikan kesempatan kepada para pegawainya untuk menuntut ilmu animasi langsung ke negara-negara seperti Inggris, Jepang, Amerika, dan lain-lain