Materi Yang akan Kamu Dapatkan Ketika Bergabung dengan Kelasanimasi.com

Posted on

 

Yooo, gaes! Kembali lagi nih dengan Mimin Misel yang kece badai di sini. Ehehe.

Nah, kemarin kan kamu udah kenalan nih dengan sejarah awal mula Kelasanimasi.com biar makin cinta.

Eak! Sekarang Mimin akan jelasin apa aja materi yang ada di Kelasanimasi.com.

 

 

  • Level Pemula 


Nah, bagi kamu yang pemula, bisa banget untuk memulainya dari level ini.
Seperti yang Mimin kece bilang kemarin, di sini ada dua materi utama, yaitu Flat Animation dan Basic Animation.

 

 

FLAT ANIMATION

 

 

Yang pertama kita akan membahas Flat Animation.
Di sini kamu akan mempelajari beberapa hal, yaitu:

a. Mindset kerja dan CV yang menjual

Buat kamu yang lagi cari kerja, ini sangat diperlukan lho. Di materi ini nanti kamu akan tahu bagaimana dunia kerja dan apa yang harus kamu lakukan. Terutama hal-hal yang tidak pernah kamu dapatkan semasa sekolah dan kuliah.

Sedangkan bagi kamu yang sudah bekerja, materi di sini akan membantu kamu lebih memahami pekerjaanmu dan juga menambah wawasanmu.


b. Dasar Animasi Power Point

Sebelum maju ke materi yang lebih kompleks, pastilah kamu butuh dasar-dasarnya terlebih dahulu. Melalui software Microsoft Power Point, kamu bisa membuat animasi sederhana dari dasar-dasar yang diajarkan. Terutama dalam membuat konsep. Karena konsep ini sangat penting gaes.

Animasi sederhana ini bahkan bisa membantu kamu untuk berbagai macam keperluan lho. Mulai dari membuat undangan digital, presentasi yang menarik, hingga CV yang lebih menjual.

 


BASIC ANIMATION

 


Yang kedua kita akan masuk ke Basic Animation.
Nah, sekarang mulai nih masuk ke dasar-dasar tingkat 2.

Di sini kamu akan mengenal lebih jauh tentang software Blender Animation 3D. Kelasanimasi.com sendiri memilih aplikasi ini karena open source dan cukup mudah digunakan. Dan, tentu saja lebih mudah untuk diexport ke software yang lain juga menyesuaikan pengaturannya.

Dasar-dasar yang kamu pelajari di sini adalah pewarnaan, merangkai objek sederhana, cara menempatkan kamera dan lighting, dan rendering. Kamu juga bisa memasukkan suara lipsync mu sendiri lho.

 

  • Level Menengah

Bagi yang sudah mahir di level pemula, pasti ingin dong semakin berkembang ke level yang lebih jauh. Nah, di level menengah ini kamu bisa mulai membuat objek yang agak rumit, yakni



MEMBUAT BACKGROUND ANIME

 

Background anime

 

Bagi yang menyukai anime pasti tahu dong background mereka cantik-cantik. Bahkan Mimin juga ingin membuatnya lho. Hehe

Nah, di Kelasanimasi.com menyediakan materi untuk yang satu ini lho. Kamu yang terobsesi dengan background bisa langsung praktek membuatnya nih.

Tentu saja materi akan dimulai dengan membuat dasar pewarnaan, menambahkan teksturing, dan menambahkan gambar sebagai objek baru.

Lalu kamu akan diajari dasar compositing, mengenal jenis-jenis lighting, dan menambahkan karakter pada backgroundmu. MEMBUAT ANIME MECHA
Hey para penggemar gundam dan mecha mana suaranya! Kali ini kamu bisa lho mewujudkan keinginanmu membuat karakter mecha-mu sendiri.

Di sini kamu akan belajar dari dasarnya seperti membuat kursi dan monster sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan membuat robot dan pembuatan senjata. Kamu juga akan diajari cara menggerakkannya melalui teknik rigging lho.

 

  • Level Lanjutan

Cie yang udah sampai level lanjutan. Udah pada jago ni ye…
Untuk level ini, kamu bisa menambah skill baru lho dengan adanya tutorial baru, seperti Membuat Ilustrasi dan Membuat Komik. Namun, juga ada materi dasar tambahan seperti Membuat Simple Character dan Smooth Animation-12 Prinsip Animasi.


MEMBUAT ILUSTRASI

 

 

Kamu yang nggak punya pengalaman menggambar sama sekali bisa lho membuat ilustrasi menarik. Nah, di sini kamu bisa belajar membuat karakter dan ilustrasi lainnya dengan menggunakan Adobe Ilustrator.

Dimulai dengan mentracing gambar sederhana seperti kucing, rumah, dan logo. Kemudian kamu juga akan diajari membuat vexel art dan WPAP.


MEMBUAT KOMIK

 

 

Para pecinta komik angkat tangannya dong! Mimin juga pecinta komik nih. Hehe.
Setelah membaca komik pasti ingin membuat cerita sendiri, kan? Sama, Mimin juga. Hehe.

Nah, di sini nanti kamu akan diajari cara awal membuat konsep cerita sampai membuat komik jadi, seperti pembuatan desain karakter, paneling, dan peletakan dialog yang benar.


MEMBUAT SIMPLE CHARACTER

 

 

Esensi dari animasi pastilah karakternya. Benar ya kan? Karena tanpa karakter, tentu animasi hanya akan terlihat biasa-biasa saja.

Nah, di sini kamu akan belajar mendesain sebuah karakter dimulai dari kepala, badan, sampai pakaiannya lho. Kamu juga akan diajari cara menggerakkannya dengan teknik rigging. Jadi, karaktermu lebih ekspresif deh.


SMOOTH ANIMATION – 12 PRINSIP ANIMASI

 

 

Dan untuk semakin memantapkan dasar animasi buatanmu, tentu saja 12 prinsip animasi ini sangat diperlukan dong. Sehingga para projek selanjutnya, kamu tentu akan lebih lancar membuat animasi.

Nah, di sini kamu akan belajar Timing and spacing, Anticipation, Appeal, Arcs, Exaggeration, Follow through and overlapping action, Secondary action, Slow in – slow out, Solid drawing, Straight ahead and pose to pose, Squash and stretch, dan Stagging.

Kamu juga akan belajar lebih tentang Body language, Clear silhouette, Line of action, Center of gravity, dan macam-macam perubahan pose.

Beberapa teknik lain pun juga akan diajarkan di materi iniii.

 

Nah, sekian dulu penjelasan dari Mimin. Bagi kamu yang tertarik bisa nih bergabung bersama kami. Mimin tunggu kedatangannya ya! Sampai jumpa di kelas! Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *