Review anime : Sakamichi no Apollon (Persahabatan 3 Sekawan Dengan Era Jazz)

Posted on

 

Ada yang menyukai musik-musik jazz? Seperti golongan Black Jazz atau White Jazz. Kalau Mimin sih lebih suka Black Jazz, lebih asik sambil menikmati acara nge teh bareng keluarga. Hehehe…

 

O iya, kemarin, kan, Mimin sudah bahas anime Shigatsu wa Kimi no Uso. Salah satu anime musik yang Mimin suka. Nah, kali ini Mimin bakal bahas anime musik lawas berjudul Sakamichi no Apollon atau dalam Bahasa Inggrisnya berarti Kids on The Slope. Kalau diartikan secara harfiah sendiri berarti Anak-anak di Tanjakan. Hm, tanjakan seperti apa ya?

 

Anime ini rilis pada tahun 2012. Wah, tujuh tahun yang lalu ya. Hehehe…

Sakamichi no Apollon disutradarai oleh Shinichiro Watanabe, salah satu sutradara yang terkenal dalam industri anime. Salah satu judul anime garapan beliau yang terkenal berjudul Cowboy Bebop. Anime yang menggabungkan tema Cowboy dan musik Jazz.

Sakamichi no Apollon juga ada Live Actionnya lho. Diperankan oleh Chiinen Yuri (Member Hey! Say! Jump), Nakagawa Taishi, dan Nana Komatsu. Rilis pada tahun 2018 lalu.

 

SINOPSIS

 

 

Anime mengambil latar di tahun 1960-an. Di tahun tersebut merupakan awal masuknya musik Jazz di Jepang yang dibawa oleh para tentara Amerika.

Sakamichi no Apollon menceritakan tentang Kaoru Nishimi, pemuda berkacamata yang pandai bermain piano yang pindah ke Sasebo di Pulau Kyushu. Di kota tersebut ia tinggal dengan salah satu kerabat ayahnya. Alasan ia pindah karena mengikuti pekerjaan orang tuanya yang terbiasa berpindah-pindah kota dan itu sudah biasa ia lakukan sedari kecil.

Karena terbiasa berpindah-pindah sedari kecil, Kaoru malah menjadi anak yang pendiam dan susah bergaul. Tetapi kemudian ia berubah ketika bertemu Sentaro Kawabuchi dan Ritsuko Mukae…