Review anime : Sakamichi no Apollon (Persahabatan 3 Sekawan Dengan Era Jazz)

Posted on

 

Ada yang menyukai musik-musik jazz? Seperti golongan Black Jazz atau White Jazz. Kalau Mimin sih lebih suka Black Jazz, lebih asik sambil menikmati acara nge teh bareng keluarga. Hehehe…

 

O iya, kemarin, kan, Mimin sudah bahas anime Shigatsu wa Kimi no Uso. Salah satu anime musik yang Mimin suka. Nah, kali ini Mimin bakal bahas anime musik lawas berjudul Sakamichi no Apollon atau dalam Bahasa Inggrisnya berarti Kids on The Slope. Kalau diartikan secara harfiah sendiri berarti Anak-anak di Tanjakan. Hm, tanjakan seperti apa ya?

Anime ini rilis pada tahun 2012. Wah, tujuh tahun yang lalu ya. Hehehe…

Sakamichi no Apollon disutradarai oleh Shinichiro Watanabe, salah satu sutradara yang terkenal dalam industri anime. Salah satu judul anime garapan beliau yang terkenal berjudul Cowboy Bebop. Anime yang menggabungkan tema Cowboy dan musik Jazz.

 

Sakamichi no Apollon juga ada Live Actionnya lho. Diperankan oleh Chiinen Yuri (Member Hey! Say! Jump), Nakagawa Taishi, dan Nana Komatsu. Rilis pada tahun 2018 lalu.

 

SINOPSIS

 

Anime mengambil latar di tahun 1960-an. Di tahun tersebut merupakan awal masuknya musik Jazz di Jepang yang dibawa oleh para tentara Amerika.

Sakamichi no Apollon menceritakan tentang Kaoru Nishimi, pemuda berkacamata yang pandai bermain piano yang pindah ke Sasebo di Pulau Kyushu. Di kota tersebut ia tinggal dengan salah satu kerabat ayahnya. Alasan ia pindah karena mengikuti pekerjaan orang tuanya yang terbiasa berpindah-pindah kota dan itu sudah biasa ia lakukan sedari kecil.

 

Karena terbiasa berpindah-pindah sedari kecil, Kaoru malah menjadi anak yang pendiam dan susah bergaul. Tetapi kemudian ia berubah ketika bertemu Sentaro Kawabuchi dan Ritsuko Mukae.

Sentaro adalah murid yang terkenal sebagai berandalan sekolah karena hobi berkelahi dan membuat onar. Tetapi ia mempunya hobi bermain drum dan disadari oleh Kaoru ketika Sentaro mengetuk-ngetuk dinding kayu dan menimbulkan nada.

Sedangkan Ritsuko adalah ketua kelaas dan sahabat Sentaro sejak kecil. Ayah Ritsuko adalah seorang penjual kaset musik yang memiliki studio musik di ruang bawah tanahnya. Dari ruang bawah tanah inilah Kaoru mulai mengenal Jazz bersama Ritsuko dan Sentaro. 

 

 

Kemudian cerita berjalan seperti biasa. Yakni cinta dan persahabatan. Ketika Kaoru mulai menaruh hati pada Ritsuko sedangkan perempuan itu malah memendam perasaan kepada Sentaro. Terjadilah cinta segitiga yang biasa kita lihat.

 

Namun pada akhir cerita, ketiganya tidak ada yang menjadi pasangan maupun melanjutkan karir mereka di dunia Jazz. Kaoru melanjutkan karirnya menjadi dokter. Sedangkan Sentaro menjadi pendeta muda dan untuk Ritsuko sendiri menjadi pegawai kantoran biasa.

 

GRAFIK ANIMASI YANG MUMPUNI

 

Untuk ukuran anime yang diproduksi pada tahun 2012, grafik pada Sakamichi  no Apollon sangat mumpuni. Mimin kira hanya akan melihat animasi yang terdiam ketika musik jazz nya dimulai. Ternyata penekanan not pada piano yang dimainkan oleh Kaoru sangat pas. Bahkan terasa tepat sasaran.

 

Lalu pada permainan drum yang dimainkan Sentaro juga hentakannya terasa pas dengan temponya. Sehingga adegannya terasa selaras ketika Sentaro berduet dengan Kaoru memainkan lagu Moanin’ karya Art Blakey.

 

SONG LIST

Jika kalian sangat menikmati lagu-lagu di anime ini, kalian perlu tahu apa saja sih daftar lagu di Sakamichi no Apollon.

 

  • Moanin’ – Art Blakey & The Jazz Messengers
  • Blowin’ The Blues Away – Rudy Van Gelder Edition
  • Someday My Prince Will Come
  • A Night In Tunisia – Live
  • But Not For Me – Vocal Version
  • Us Three – Remastered
  • Love For Sale – Remastered
  • Easy to Love – 1997 Remix / Remaster
  • My Favorite Things
  • Bags’ Groove
  • Blue Train – Remastered 2003
  • My Funny Valentine – Bill Evans

Nah, sekian dulu dari ya review dari Mimin Selamat mendengarkan lagu-lagunya ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam Matahari!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *