ULASAN ANIMATION EXPO (ATLANTARA ; SELAMI LAUTAN KARYA)

Posted on

 

PERKEMBANGAN INDUSTRI

 

Perkembangan industri kreatif di Indonesia mulai menampakkan kemajuan yang pesat, salah satunya yakni animasi. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya perangkat hiburan seperti film, acara televisi, promosi, dan branding perusahaan yang menggunakan animasi sehingga kebutuhan akan tenaga animator andal semakin meningkat.

Dan dengan kemajuan teknologi, orang akan lebih mudah mengakses karya orang lain seperti melalui instagram, deviantArt, pixiv, dan youtube. Dengan demikian para pelaku kreatif khususnya mahasiswa MMTC Yogyakarta memerlukan lebih banyak ruang pamer yang kemudian diwujudkan dengan penyelenggaraan Gelar Karya Animation Expo 2019.

 

 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas ANIMATION EXPO 2019. Pasti pada belum tahu, kan, apa itu Animation Expo 2019? 

Langsung saja ya admin jelaskan tentang Animation Expo itu.

 

 

APA ITU ANIMATION EXPO 2019?

 

Animation Expo 2019 atau yang disingkat AXPO 2019 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh HIMASI (Himpunan Mahasiswa / Mahasiswi Animasi) dari Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, biasanya sih disingkat “MMTC”.  Bukan hanya gelar karya, tetapi AXPO juga mengadakan seminar dan lomba animasi bagi peserta dari luar MMTC.

Animation Expo 2019 ini diadakan pada tanggal 9 – 10 November 2019 dan bertempat di Auditorium Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta.

Pada pagelaran karya Animation Expo 2019 ini, MMTC Yogyakarta menggunakan tema dan tagline bertajuk “ATLANTARA; SELAMI LAUTAN KARYA”. Tagline tersebut merujuk pada Atlantis, yakni sebuah kota dongeng besar nan megah yang berada di dasar lautan. Dan, Nusantara, yakni menggambarkan keberagaman budaya dan kesenian di Indonesia.

Dengan membawa nuansa kota bawah laut serta keberagaman nusantara, diharapkan para peserta dan mahasiswa dari MMTC sendiri dapat lebih semangat berkarya dan berinovasi sesuai dengan identitas bangsa Indonesia.

 

RANGKAIAN ACARA AXPO 2019

 

Animation Expo 2019 terdiri dari lima rangkaian acara yaitu, Road To AXPO (RTA), lomba karya, diskusi film maker, seminar dan pameran karya.

Road to AXPO (RTA) adalah acara publikasi Animation Expo 2019 dengan mengunjungi beberapa SMA dan SMK di Yogyakarta. HIMASI datang untuk menyebarkan poster serta menginformasikan rangkaian acara AXPO 2019 beserta lomba karya yang diadakan.

Lomba Karya pada AXPO 2019 adalah 2D & 3D Film Animasi, 3D Modelling, dan Lomba Fanart. Lomba 2D & 3D Film Animasi dan 3D Modelling dilaksanakan via online. Para peserta lomba mendaftar dan mengumpulkan karya di email Animation Expo. Sedangkan lomba fanart dilaksanakan secara offline, yaitu pada hari pertama Animation Expo 2019.

Karya-karya yang sudah terdaftar akan diseleksi oleh juri dan para finalis akan diberi hadiah. Teruntuk semua karya peserta akan ditampilkan di AXPO 2019. Sedangkan karya-karya peserta 3D Modelling akan dipamerkan di lobi Auditorium Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta.

 

 

GUEST STAR

 

HIMASI juga mengundang guest star sebagai pembicara seminar di AXPO 2019 yaitu, SHOH Studio dan Hizkia Subiyantoro. Wow, keren sekali lho teman-teman.

Yang pertama ada SHOH Studio, sebuah studio animasi dari Singapura yang akan membuat cabang pertama di Indonesia. Animasi yang sudah dikerjakan oleh SHOH Studio adalah T-Buster, Banzi Diary, Konsuni, Katuri, Stonyz dan Miracoulus: Tale of Ladybug, and Cat Noir. Pembicara yang akan hadir dari studio tersebut adalah Dewi Rosma A. selaku Producer PT SHOH Studio.

 

Kemudian yang kedua ada Hizkia Subiyantoro, seorang Animator dan Visual Storyteller. Beliau beberapa kali memenangkan lomba animasi international yaitu, Short Movie Project Supporting by Institute France Indonesia 2014, IOSA Award 2012, SATU Indonesia Award 2010, GCOS dan Indonesia Game Show 2008.

Sehubungan dengan tema AXPO 2019 ini HIMASI pun membuat sebuah karya special. Mereka mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa bertalenta untuk dibuat menjadi satu Tim Produksi. Pembuatan karya ini berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dan ditampilkan secara perdana pada Minggu, 10 November 2019.

 

Nah, berikut ini admin jabarkan behind the scene dari Animation Expo 2019.

 

BEHIND THE SCENE ANIMATION EXPO 2019

 

The Lost Piece (TLP) adalah karya animasi terbaru dari Tim Usai Kelas, sebuah tim produksi dari himpunan mahasiswa animasi STMM. Seperti namanya, tim ini berkumpul dan berkarya ketika kelas sudah usai.

TLP mulai dikerjakan ketika tokoh utama TLP, Cheryl sekaligus mascot AXPO 2019 mulai di desain pada bulan Mei 2019. Meskipun begitu, konsep TLP sudah dipersiapkan semenjak tahun 2018 lalu oleh Rena Anggara selaku sutradara, dan ceritanya dikembangkan oleh Ilham Surya Pribadi selaku produser. Tokoh Cheryl sendiri kemudian dikembangkan oleh Zahara Azizah Ilmannafi yang juga berperan dalam pembangunan karakter.

 

Kemudian mereka mengajak teman-teman animator, baik dari dalam STMM maupun dari luar STMM untuk ikut berpartisipasi dalam proyek TLP bersama Tim Usai Kelas dibawah naungan Axpo 2019. Oleh karena itu, TLP dibuat dengan tujuan menyambut AXPO 2019 sembari belajar bersama tentang dunia animasi dan bagaimana proses pengerjaannya.

TLP mengambil konsep dengan menggabungkan style animasi yang ada, seperti 3D, 2D, dan lain sebagainya menjadi sebuah cerita yang berkesinambungan dan dikemas dalam sebuah video. Ada sekitar 17 style animasi yang ditampilkan dalam animasi The Lost Piece, bersamaan dengan image storytelling sebagai pengantar cerita atau prolog. 

 

Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri tiap animator dan menunjukkan bahwa apapun style-mu, seberapa level kemampuanmu, karyamu tetap disambut dengan hangat dalam proyek ini.

Selama proses pengerjaan TLP, beberapa tim atau divisi telah dibentuk guna membantu kelancaran proses pembuatan karya ini. Mulai dari Sketsa, line art, coloring, background, editing, hingga scoring music.

 

Dalam industri animasi, sangat memungkinkan untuk mengembangkan animasi tersebut menjadi sebuah game, musik, theme song, bahkan menjadi sebuah film live action ataupun drama panggung. Pada penayangan TLP di hari kedua acara Axpo 2019 tepatnya tanggal 10 November, diadakan sebuah drama panggung singkat berdasarkan cerita TLP yang diperankan oleh MMTC Dance Crew (MDC).

Dengan adanya proyek ini, diharapkan dapat menjadi dorongan dan inspirasi bagi para pengunjung, animator dan para film maker lainnya agar dapat lebih berani dan percaya diri untuk menampilkan karyanya.

 

Nah, begitulah penjelasan singkat dari admin mengenai Animation Expo 2019. Semoga di tahun berikutnya, kita bisa berjumpa di event menarik ini ya kawan-kawan. Sampai jumpa!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *