Rekomendasi Pen Tablet Murah dan Berkualitas

Posted on

Karena zaman semakin maju dengan berbagai macam bidang teknologinya, kini muncul beragam hobi dan pekerjaan baru. Contohnya saja illustrator dan graphic designer. Namun, dua hal itu tentu membutuhkan peralatan yang canggih seperti pentab maupun laptop dengan spesifikasi yang memadai.

Jika kemarin Mimin sudah merekomendasikan beberapa laptop dengan spesifikasi minimum untuk belajar animasi, sekarang Mimin mau bahas soal pen tablet nih. Mulai dari untuk pemula hingga profesional.

Namun, sebelum Mimin jabarkan, Mimin ada beberapa saran nih buat kalian.

 

  • Tumpuan tangan untuk menggambar

    Mulai dari cara menggambar kalian yang bertumpu pada siku atau pergelangan tangan. Apabila menggunakan siku, kalian bisa memilih pen tablet dengan ukuran besar (L). Hal ini karena akan memakan banyak tempat.

    Sedangkan bagi kalian yang bertumpu di pergelangan tangan bisa memilih pen tablet ukuran S atau M (cerung kecil)

  • Ukuran tempat yang dipakai

    Sangat penting mengetahui seberapa besar kapasitas meja kerja yang kita gunakan. Jika tempat yang digunakan kecil, sebaiknya kamu memilih ukuran yang kecil pula. Namun, jika meja yang kamu gunakan besar, kamu bisa memilih ukuran besar sesuai kebutuhan.

    Jadi, jangan sampai gelap mata termakan rayuan mas-mas penjualnya yang menawarkan berbagai macam jenis pentab ya. Pastikan pilih sesuai kebutuhanmu ya.

  • Tingkat sensitivitas stylus

    Sensitivitas stylus terbagi menjadi 3, yaitu 2048, 4098, dan 8192. Ketiganya menunjukkan tingkat tekanan stylus ketika digunakan. Untuk pemula bisa menggunakan tingkat stylus mulai dari 2048 dan 4098.

    Mengapa harus menggunakan tingkat yang rendah dahulu? Hal ini untuk membiasakan kamu menggunakan pentab. Apabila sudah terbiasa, pasti kamu bisa merasakan perbedaan tekanan tersebut untuk menggambar.

    Tekanan yang dimaksud di sini adalah ketika kamu menggoreskan garis pada pentabnya. Semakin ditekan akan memberikan garis semakin tebal, apabila tidak ditekan akan memberikan garis yang tipis. Namun, semakin tinggi sensitivitasnya juga semakin tinggi harga pentabnya.

 

 

BERIKUT REKOMENDASI PEN TABLET MURAH DAN BERKUALITAS

 

  • WACOM CTL490

 

Yang pertama dari produk Wacom. Pasti kamu kenal dong dengan merk yang satu ini. Wacom merupakan produk yang hampir menguasai 70% pasar digital design. Sehingga tidak heran banyak orang yang mencarinya.

Pada seri CTL490 ini, kamu enggak perlu pusing menggunakan baterai. Karena pentab ini tersambung dengan laptop menggunakan kabel usb. Kemudian untuk sensitivitasnya mencapai 1024 sehingga sangat cocok untuk pemula. Memiliki ukuran kerja 152 x 95 mm dan 4 Express Keys.

Dengan harga sekitar Rp1.200.000–Rp1.500.000, kamu juga bisa mendapatkan free softcase dan proskin antigores.

 

 

  • HUION H640P

Kali ini kita bergeser ke merk terbitan negara tirai bambu alias Tiongkok. Seperti biasa, alat-alat digital dari negara tersebut selalu bisa bersaing di pasar digital design menyamai Wacom.Bahkan dengan harga sekitar Rp700.000, kamu bisa mendapat sensitivitas mencapai 8192 level lho.

Pentab ini juga kompatibel dengan Windows maupun Mac Book. Memiliki active area hingga 6,3 x 3,9 inch dan 6 customizable press keys. Resolusinya sendiri mencapai 5080 LPI. Sangat cocok untukmu yang sedang belajar maupun yang sudah profesional.

 

 

  • XP-PEN – G430

Kali ini kita akan membahas merk lain yang juga berasal dari Tiongkok selain Huion, yaitu XP-PEN. Sama seperti Huion, XP-PEN menawarkan dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang tidak kalah mumpuni.

Dengan harga Rp700.000, kamu bisa mendapatkan pentab dengan sensitivitas sebesar 2048 level dan 1 tombol untuk mengubah stylus ke mode menggambar sekaligus penghapus.

 

 

 

  • XP-PEN Deco 01

Untuk kamu yang doyan menggambar di luar ruangan bisa banget nih pakai produk ini. Desainnya yang tipis dan ringan sangat mudah dibawa ke mana-mana.

Memiliki ketebalan sebesar 8 mm, dengan area aktif 25,4 cm x 15,8 cm. Untuk resolusinya sendiri mencapai 5080 LPI dan memiliki 8 ekspress key. Pen tablet ini juga memiliki sensitivitas sebesar 8192 level.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp1.000.000,-

 

 

  • HUION H430P

Kita kembali lagi ke merk Huion, kali ini dengan seri yang berbeda.

Pada seri H430P ini, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp400.000. Spesifikasi yang bisa kamu dapatkan pun cukup untuk pemula yang sedang belajar desain.

HUION H430P memiliki area aktif dengan ukuran 12,1 cm x 7,62 cm resolusi 5080 LPI. Untuk kesensitivitasannya sendiri sebesar 4096 level dan memiliki 4 ekspress key.

 

 

Nah, itulah 5 pentab murah dan berkualitas rekomendasi dari Mimin. Semoga bisa membantu kamu untuk belajar graphic design ya gaes!

Oh iya, Kelasanimasi.com juga punya materi dasar untuk belajar desain lho. Kalau kamu bingung mau belajar dari mana, bisa banget bergabung dengan Kelasanimasi.com.

Kamu akan diajari desain sederhana hingga lanjutan. Kamu juga akan dibimbing oleh para Mimin kece dan admin lainnya lho.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *