Tips-Tips Ampuh Mengatasi “Overthinking”

Posted on
  • Memberikan Pertanyaan Pada Diri Sendiri

 

bertanya ke diri sendiri untuk menyelesaikan masalah
Ask to myself

Admin pernah mendengar dari salah satu channel youtube yang membahas tentang perbedaan critical thinking dan overthinking, namanya satu persen. Yang mengenalkan tentang Teknik Socratic Questioning. 

Teknik ini bertujuan memberikan pertanyaan pada diri sendiri untuk mengatasi overthinking. Gunanya.. untuk memperjelas masalah yang sedang dipikirkan dan menemukan solusi dari masalah tersebut.

Cara menggunakan teknik ini adalah :

  • Pakai pertanyaan yang singkat padat dan jelas. Usahakan untuk tidak menanyakan pertanyaan yang ribet.
  • Buat pertanyaan terbuka yang memancing untuk memberi jawaban atau alasan yang jelas.
  • Pakai pertanyaan yang tepat sasaran, tapi tidak boleh mengarahkan ke jawaban yang diinginkan. Pakailah pemikiran objektif atau netral mind

 

  • Meditasi

 

Menenangkan pikiran
Meditasi untuk menenangkan pikiran

Metode yang paling efektif dan efektif yang bisa kamu lakukan. Agar hasilnya lebih optimal, lakukanlah meditasi di tempat yang tenang, sunyi, atau gelap. Latihlah nafas dengan baik dan usahakan menjaga tubuh tetap rileks. 

JIKA kamu Masih Sering overthinking , Cobalah bermeditasi SETIAP pagi. Karena pagi adalah waktu paling pas untuk menenangkan pikiran.

 

  • Akui Pencapaian Meski Sekecil Mungkin

 

akui ledakan untuk meredakan "satu detik"
Akui terap meski sekecil apapun

Yang disediakan disini adalah jika kamu sedang berpikir berlebihan , cobalah menulis 5 hal dalam kegiatan seminggu ini yang melibatkan peran kamu di dalamnya. Apapun itu, sekecil apapun itu tetap sebagai ancaman sukses untuk diri kamu. 

JIKA Kemarin kamu merasa cemas Berlebihan, Dan hari Penyanyi Wanita mendengarkan Sebuah podcast Yang Membuatmu merasa Lebih Baik ATAU mempelajari Hal baru Mengenai overthinking, Maka ITU Adalah pencapaian. Meski kecil tapi tumpuklah terus menerus.

 

  • Temui Teman-Teman

 

berkumpul bersama teman untuk menyembuhkan "overthinking"
Mengobrol bersama teman

Pada nyata, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Jadi, seperti apapun masalahmu, cobalah untuk berbagi cerita pada seseorang yang sudah kamu percayai untuk mendengarkan ceritamu. 

Atau cobalah untuk menghabiskan waktu untuk keluar bersama teman, seperti ngobrol di kafe, bermain di wahana bermain, atau hanya jalan-jalan.