10 Fakta Menarik Tentang Software Blender Animasi 3D – Nomer 5 Bikin Kamu Tercengang!

Posted on

 Yoo gaes! Semoga harimu cerah ya, meski mendung di langit datang setiap hari seperti hati Mimin. //Yaelah heheh.

Nah, kali ini Mimin akan mengulik-ngulik lebih jauh tentang software yang kita gunakan untuk belajar gaes. Pasti tahu kan? Yup, Blender 3D Animation.

Sudah tahu belum gimana sejarah dan fakta-fakta menarik apa saja dari software kesayangan kita ini? Belum, kan? Yuk kita langsung mulai aja hiyaaah.

 

 

1. Pertama kali digunakan hanya sebagai alat produksi di lingkungan internal sebuah studio animasi di Belanda

Jadi, awalnya si Blender ini tidak dipasarkan sama sekali gaes. Hanya digunakan oleh sebuah studio animasi dari Belanda bernama NeoGeo. Studio ini didirikan oleh seorang bernama Ton Roosendaal yang merupakan pengembang utama software ini.

 

2. Memiliki versi gratis dan berbayar

Kemudian di akhir tahun 1990an, Roosendaal mendirikan sebuah perusahaan baru bernama Not a Number (NaN) untuk mendistribusikan Blender ke khalayak umum. NaN tetap memasarkan versi gratisnya, tetapi juga menawarkan versi lanjutan dengan harga murah.

Hal tersebut membuat blender laku banyak dan digunakan oleh 250.000 orang dari seluruh dunia di tahun 2000. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena NaN tidak banyak memperoleh keuntungan untuk memuaskan investor dan terjadilah kebangkrutan.

 

 

3. Hampir tidak bisa lagi dioperasikan

Karena kebangkrutan yang terjadi pada NaN pada awal tahun 2002, softaware Blender hampir saja tidak dipasarkan lagi.

Karena sudah memiliki fanbase yang besar, mereka para fans terus berjuang agar Blender tidak jadi ditarik mundur. Kemudian Roosendaal membuat perjanjian dengan para investor NaN dan mendirikan yayasan nirlaba untuk membeli source code Blender seharga 100.000 Euro.

 

4. Memiliki ukuran hanya 100 Megabyte saja

Bagi kamu yang tidak memiliki harddisk besar dan masih ingin belajar animasi, tentu Blender ini sangat menguntungkan. Ukurannya yang tidak mencapai 1 Gigabyte, hanya 100 Megabyte saja tentu akan ringan jika digunakan pada ukuran harddisk yang kecil.

 

5. Bikin animasi menjadi murah

Karena softwarenya yang gratis, biaya membuat animasi menjadi lebih murah. Pasalnya beberapa software lain seperti 3DMax, Maya, dan lain-lain terdapat biaya yang harus dibayar. Hal itu karena mereka merujuk ke studio-studio animasi yang memiliki modal besar.

Padahal jika digunakan untuk keperluan pribadi tentu akan membuang banyak biaya. Apalagi jika keperluan itu hanya sekadar untuk belajar bagi pemula, bukan untuk hal komersial.

Rata-rata para pemula sudah jiper duluan, takut untuk memulai karena biaya yang dikeluarkan tentu besar.

 

6. Nama Blender berasal dari lagu berjudul Blender yang dinyanyikan oleh grup Yello dalam album Baby

Nah, kalau ini Mimin enggak tahu sejarah aslinya karena Ton Roosendaal hanya bilang itu saja. Mungkin itu lagu yang disukai oleh sang pengembangnya. Hehe dan mungkin selalu didengarkannya ketika tidur oleh Roosendaal.

 

7. Film pertama Blender3D yang menjadi Open Movie adalah Elephant Dream. Terdiri atas 15696 frame yang dirender dalam 125 hari. Pada 24 fps berarti 10 menit 54 detik.

 

Setelah Elephant Dream film – film selanjutnya yaitu :

Big Buck Bunny (versi 2.45)
Sintel (versi 2.50)
Tears of Steel (versi 2.60)
Cosmos Laundromat (versi 2.70)

 

8. Yo! Frankie adalah game yang dibuat oleh Blender Foundation menggunakan Blender Game Engine dalam Blender3D sebagai demo untuk rilis Blender versi 2.48.

 

 

Game ini menunjukkan kemampuan Blender3D sebagai software animasi 3D sekaligus sebagai game engine. Jadi, ini adalah bukti nyata kalau Blender juga bisa dijadikan alat pembuat game. Hehe.

 

9. Blender3D & Blend4Web digunakan oleh NASA untuk membuat beberapa konten 3 dimensional yang terbuka bagi masyarakat umum.

 

10. Blender3D juga digunakan dalam bidang medis untuk membuat model prothese bagian tubuh binatang yang cacat.

Dengan menggunakan Blender3D dan 3D Printer dapat membuat bagian tubuh buatan untuk binatang dibuat.

 

☘☘☘

 

Nah, gimana gaes 10 faktanya? Makin cinta dan sayang sama Blender kan? Yang terpenting kudu sayang sama Mimin juga dong. Hehehe.

Bagi kamu yang tertarik untuk lebih mengenal Blender 3D dan belajar animasi, langsung saja gabung ke Kelasanimasi.com. Di sini kamu akan diajari membuat animasi dari tahap awal sampai lanjutan.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! Salam Matahari!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *