12 Prinsip Dasar Pembuatan Animasi

Posted on
"kursus belajar online"
misel

Banyak nih dari member yang baru belajar animasi nanya gimana caranya membuat animasi yang bagus. Selain dari basic yang sudah diajarkan dari Kelasanimasi.com, Mimin biasanya juga menyarankan untuk belajar tentang 12 Prinsip Dasar Animasi.

Sejarah Terbentuknya 12 Prinsip Dasar Animasi

Prinsip dasar animasi ini pertama kali diperkenalkan oleh dua orang animator kawakan dari Walt Disney Studios, yaitu Frank Thomas dan Ollie Johnston, sekitar tahun 1930 yang ditulis dalam bukunya berjudul “The Illusion of Life ”.

 

 

Prinsip dasar ini merupakan hasil eksperimen dan latihan keduanya. Juga, merupakan keinginan dari Disney sendiri untuk memikirkan suatu cara bagaimana membuat sebuah animasi semirip mungkin dengan gerakan nyata sebuah objek. Baik itu benda, hewan, maupun manusia. Selain itu, juga untuk menunjukkan bagaimana ekspresi dan kepribadian suatu karakter.

Prinsip animasi tersebut diciptakan sebagai teori dasar yang bersifat wajib dimiliki dan dikuasai oleh para animator untuk menghidupkan karakter animasinya.

Nah, setelah tahu sejarahnya, kita lanjut nih bahas satu persatu apa saja prinsipnya.

 

  • Timing and Spacing

12 prinsip animasi salah satunya "timing dan spacing"

Pernah menghitung kecepatan suatu benda bergerak nggak? Kalau pernah, itulah yang dinamakan timing gaes. Sedangkan untuk Spacing adalah variasi cepat atau lambatnya suatu gerakan animasi.

Timing dan spacing ini jadi satu kombinasi agar bisa menentukan suasana dalam animasi. Misalnya saja film action yang membutuhkan adegan-adegan cepat.

 

  • Anticipation

prinsip dasar animasi "anticipation"

Yang kedua ada Anticipation nih gaes. Kalau Mimin bilangnya sih ini gerakan ancang-ancang sebelum gerakan utama pada animasi. Pernah lihat lomba lari, kan? Sebelumnya pasti ada start ancang-ancangnya dulu. Nah, kira-kira seperti itu contoh Anticipation.

Mengapa Anticipation diperlukan sih gaes? Biar animasinya terlihat natural dan relate dengan keadaan nyata.

 

  • Appeal

 

teknik "appeal" untuk menggambar animasi

 

Ketika kamu nonton animasi biasanya sekali lihat pasti kenal dong.  Eh, ini anime ya? Wah, dari Disney ya? Ini pasti dari Dreamworks, kan?

Nah, ciri khas yang bikin kamu langsung kenal style animasi ini bernama Appeal gaes.

Karena kamu langsung mengenali gayanya, kamu jadi semakin tertarik untuk nonton, ‘kan? Maka dari itu, Appeal ini salah satu cara membuat animasimu jadi menarik.

Dan, jadi menarik itu enggak harus animasi yang lucu lho.