Cara Jitu Memilih VGA Untuk PC dan Laptop Kamu!

Posted on

Salam hangat untuk Januari yang semakin dingin karena hujan gaes! Gimana kabarnya nih? Semoga kita selalu diberi kesehatan. Aamiin.

Kalau kemarin Mimin sudah merekomendasikan Laptop untuk belajar animasi dengan 3 spesifikasi utama, yakni prosesor, graphic card, dan RAM nya. Maka kali ini Mimin mau bahas tentang pemilihan graphic cardnya nih gaes.

Beberapa dari kamu semua pasti penasaran kan kenapa ada model graphic card NVIDIA, AMD, Atiradeon, atau Intel Graphic. Nah, sekarang Mimin mau bahas cara pemilihan graphic cardnya nih gaes buat kamu yang mau ganti laptop atau hanya ganti graphic cardnya saja.

Yuk kita langsung mulai saja~

 

  • Mengutamakan kapasitas GPU

 

 

Memang jika kita ke tukang service atau komputer pasti akan disarankan menggunakan kartu grafis yang terkenal akan merknya. Mungkin seperti NVIDIA, Radeon, atau AMD. Namun, sebelum kamu memilih sebaiknya tanyakan dulu kapasitas GPU yang akan dipasang pada PC mu.

Kalau komputer punya CPU sebagai otaknya, maka graphic card punya GPU (Graphic Processing Unit). Mengapa GPU ini harus sangat diperhatikan? Karena GPU ini yang nantinya akan melakukan perhitungan matematis saat melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

Pada GPU, terdapat informasi mengenai GPU Speed. Di sana akan tertera GPU Clock Speed. Pastikan kamu memilih graphic card dengan GPU Clock Speed yang tinggi agar kualitas grafis di komputermu meningkat sangat tajam. GPU Clock Speed inilah yang menunjukkan batasan saat melakukan perhitungan matematis. semakin tinggi GPU Clock Speed, maka perhitungan matematis tadi semakin cepat sehingga proses render juga akan berjalan lebih cepat.

 

 

  • Pilih yang Kebutuhan Powernya Kecil

GPU ternyata tidak jauh berbeda dengan CPU. Ia juga menimbulkan panas karena menyerap banyak listrik ketika sedang merender gambar atau melakukan aktivitas yang lain seperti gaming. Agar tidak terjadi kerusakan, sebaiknya kamu memilih VGA dengan nilai TDP (Thermal Design Power) yang kecil.

Karena semakin besar nilai TDP, maka akan semakin besar pula panas yang dihasilkan.
Maka dari itu, pilihlah VGA dengan nilai TDP terkecil sebisa mungkin.

 

  • Perhatikan jumlah core nya pada kartu grafis.

 

 

Selain GPU, kamu juga harus memperhatikan jumlah core yang tertera dalam keterangan graphic cardnya. Karena semakin banyak jumlah corenya, maka akan semakin ringan dan mudah digunakan PC mu.

Ibaratnya begini gaes. Jika kamu mengerjakan 3 tugas dengan core 6 giga, maka setiap pekerjaan yang hanya membutuh 3 giga akan cepat selesai karena tia pekerjaan menggunakan 2 giga core.

Namun, akan terbalik jika pekerjaanmu 3 giga dan hanya memilih VGA dengan core 3 giga. Tentu akan semakin berat dan pastinya lama prosesnya.

 

  • Sesuaikan dengan tipe memori dan jalur data.

 

 

Pada umumnya jenis memori yang digunakan pada graphic card berupa DDR atau GDDR. Keduanya mempengaruhi kinerja dari VGA kamu.

Tentu saja jenis memori terbaru akan membuat kecepatan transfer menuju motherboard dan VGA akan lebih cepat. Semakin mumpuni tipe memorinya, maka akan akan semakin tinggi pula aksesnya.

Lalu untuk jalur data juga mempengaruhi kemampuan VGA nantinya. Seperti VGA 128bit kinerjanya lebih baik dari 64bit. Tetapi, jalur data ini harus didukung spesifikasi yang lain.

Seperti VGA 64bit akan memiliki kinerja yang baik dengan dukungan GDDR5 dibandingkan VGA 128bit dengan dukungan DDR3. Sehingga kamu harus teliti lebih dahulu sebelum membeli VGA card.

 

  • Sesuaikan dengan jumlah budget yang dipunya.

 


Mengingat harga graphic card pada merk-merk tertentu dan spesifikasi tertentu tidaklah murah, maka sesuaikan dengan jumlah budget yang kamu punya. Jika bisa mendapatkan spesifikasi yang bagus dengan harga terjangkau meski merknya tidak seterkenal NVIDIA atau AMD, bisa kamu pilih.

Namun, jika kamu mendapatkan graphic card bekas yang masih bisa dipakai setidaknya bisa mengurangi biaya pengeluaran.

 

☘☘☘

 

Nah, begitulah gaes tips jitu cara memilih VGA untuk PC atau Laptop kamu. Yang terpenting memang harus sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu tentunya. Hehe.

Oh iya, bagi kamu yang ingin belajar animasi tapi bingung mau mulai dari mana, bisa nih bergabung dengan Kelasanimasi.com. Di sini kamu akan diajari membuat animasi dari tahap awal sampai tahap lanjut. Kamu juga akan dibimbing oleh para admin kece dan member lainnya lho.

Yup, sekian dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *