Platform Untuk Membangun Fanbase Intellectual Property

Platform Untuk Membangun Fanbase Intellectual Property

kelas-belajar-animasi-online
misel

Kalau kemarin kita sudah membahas mengenai cara mengembangkan Intellectual Property (IP), tentu harus diimbangu dengan membangun fanbasenya juga. Nah, untuk membangun fanbase ini, kamu bisa memulainya dengan sosial media atau media-media lainnya.

 

 

Ehm, apa nanti nggak kena plagiat kak? Hoho, kalau kena plagiat, kamu bisa tunjukkan bukti-buktinya dong, terutama watermark. Maka dari itu bagi seniman sangat diperlukan untuk mengingat penggunaan watermark ya. Jangan lupa lho karena itu tuh sangat sangat sangaaat penting.

Itung-itung tanda pengaman untuk karyamu ya gaes. Nah, langsung kita mulai saja yuk media apa saja yang bisa digunakan untuk memperkenalkan IP mu, terutama IP yang berbentuk animasi ya gaes. Hehe 

 

  • Facebook

 

tempat-pengembangan-IP
facebook

Siapa sih yang enggak kenal dengan medsos yang satu ini? Meski sudah terkesan jadul, masih banyak artist yang menggunakan medsos ini untuk membangun IP mereka lho. Contohnya Komik Bhurloka yang dimulai dari facebook gaes.

Komik Bhurloka yang dimulai dari facebook itu sekarang sudah tayang dan menjadi komik premium di Ciayo lho, bahkan kamu juga bisa mendapatkan versi cetaknya juga dan merchandise lainnya.

Selain Bhurloka, ada juga komik lainnya seperti The Librarian yang mendapat adaptasi versi game visual novelnya. Kemudian ada juga Journal of Teror dari Sweta Kartika yang mendapat adaptasi novel.

 

  • Instagram

 

 

Kalau yang satu ini kalian pasti udah enggak asing. Banyak banget animasi, komik, dan gambar-gambar dari artist yang pamer karyanya di sini. Contoh yang bisa kalian ambil yaitu akun animasi @jackpooms dengan karakter-karakter lucu yang ia buat. Biasanya juga membuat fanart untuk beberapa komik terkenal menjadi animasi chibi.

Kemudian ada komik @sampahisasi yang diangkat menjadi komik premium di platform Ciayo. Lalu, ada komik @hingga_usai_usia yang lebih mengandalkan donasi dari Trakteer dalam setiap tayangannya, dan masih banyaaak lagi.

error: Content is protected !!