Cara Menentukan Plot Untuk Cerita Animasi

Posted on
kelas-belajar-animasi-online
misel

Pernah nggak kamu berpikir, kamu sudah punya ide untuk membuat cerita, sudah punya awal dan akhir cerita, tetapi kamu bingung bagaimana cara mengimplementasikannya atau plot cerita animasi nya?

Semisal saja nih, dari ceritamu, kamu menceritakan Budi yang kehilangan celana kesayangannya. Celana yang pasti bakal dia pakai dimanapun dan kapanpun. Kalau enggak ada si celana, dia bakalan patah hati. 

Dari konsep itu, kamu menjelaskan kalau celananya akhirnya ketemu dengan nyangkut di kepalanya sendiri. Tapi, kamu bingung menceritakan prosesnya seperti apa. Gimana si Budi bisa menemukan celananya dan bagaimana proses pencariannya.

 

 

Nah, kali ini Mimin akan membahas tentang menetukan plot cerita animasi untuk mempermudah jalannya animasi buatanmu gaes.

Yang pertama, kita bahas dulu tentang pengertian plot.

Plot adalah rangkaian peristiwa dalam suatu cerita secara kronologis dan berkaitan satu sama lain. Biasanya sering disebut alur cerita oleh para pembaca.

 

Tiga Macam Plot :

pengertian-plot-cerita
pengertian-plot-cerita
  • Plot Maju

    Plot maju ini menceritakan dari awal sebuah perjalanan tokoh utama dalam animasi kita. Bisa dari awal perkenalan, sebab awal terjadinya konflik, atau menceritakan tokoh dari zero to hero. 

  • Plot Mundur

    Plot yang satu ini biasanya dimulai dengan masalah yang sudah terjadi tanpa kita tahu sebabnya. Kemudian cerita diarahkan mundur untuk mengetahui sebab awal. Lalu, kita diarahkan ke penyelesaian konflik tersebut.

  • Plot Maju Mundur

    Kalau yang ini agak-agak sulit sih gaes. Cerita bisa saja dimulai dari pertengahan ketika konflik sudah berlangsung atau mulai dari awal seperti pada plot maju. Kemudian di pertengahan bisa terjadi adegan flashback pada sebab akibat, atau flashback pada masa lalu yang berkaitan dengan masalah utama si tokoh.

Setelah mengenal tiga jenis plot di atas, kita analisis strukturnya yuk.

Lah, balik pelajaran Bahasa Indonesia dong Min?

Iya dong, karena cerita animasi yang baik juga dibentuk berdasarkan materi-materi dasar seperti Struktur Plot di bawah ini.

 

Struktur Plot

 

struktur-plot

 

  • Awalan Cerita

    Pada awalan ini biasanya kita diperkenalkan dengan lingkungan atau tokoh itu sendiri. Latar belakangnya seperti apa dan lain-lain.

  • Pengenalan Konflik

    Pada pengenalan konflik ini, kita mulai diperkenalkan dengan adanya masalah yang melatar belakangi seorang tokoh bisa ini itu, atau melakukan ini dan itu. Bisa juga tentang hambatan yang ia hadapi.

  • Konflik

    Pada konflik ini, kita sudah tahu apa masalahnya, tetapi kita belum melihat tokoh mengalami usaha maksimalnya. Jadi, kayak masih ada hal yang harus ia lakukan sampai masalahnya bener-bener tuntas.