Mengulik Teknologi CGI, yang membuat Efek Film menjadi Luar Biasa!

Posted on

Ketika menonton film berbau animasi, fantasi, maupun scifi, pasti kamu memperhatikan efek-efek yang dipakai di dalam filmnya, kan? Kebanyakan dari kamu pasti sudah tahu tentang teknologi yang digunakan, apalagi kalau bukan CGI.

Nah, udah pada tahu belum apa itu CGI dan gimana proses pembuatannya? Pasti belum tahu, kan?

Kali ini Mimin ingin membahas mengenai teknologi keren yang satu ini. Apalagi teknologi CGI ini sudah dipakai sejak tahun 1973. Langsung saja kita bahas dari awal mengenai pengertian CGI.

 

PENGERTIAN CGI

 

 

Computer-Generated Imagery (Pencitraan yang dihasilkan komputer) atau yang biasa disingkat CGI adalah sebuah teknik pencitraan 3D yang menggunakan komputer untuk media tertentu. Seperti dalam Film, acara televisi, komersial, iklan, dan game.

CGI serupa dengan teknik animasi tradisional, yakni suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24fps (frame per second).

Artinya, dalam 1 detik, terdapat 24 gambar yang saling bertumpuk yang menciptakan satu harmoni gerak. Pada animasi tradisional dibuat langsung oleh tangan si pembuat, sedangkan dalam CGI pengerjaan proses tersebut memanfaatkan kekuatan komputer. Kedua teknik tersebut menghasilkan suatu efek ilusi yang sulit dicapai dengan cara normal.

 

MANFAAT PENGGUNAAN CGI

 

 

Nah, kamu pasti penasaran dong kenapa CGI ini banyak digunakan untuk membuat efek-efek yang luar biasa. Beberapa alasannya Mimin rangkum di bawah ini. :

 

  • Untuk menghadirkan efek-efek yang tidak bisa dijangkau secara manual.

Biasanya ini digunakan untuk efek seperti ledakan contohnya dalam film Fast and Furious. Kemudian untuk membuat latar yang futuristik, contohnya ada di film Avatar, Alita The Battle Angel, dan King Kong.

Juga untuk penyempurnaan wujud objek seperti pada film Monster Hunt, Sonic The Hedgehog, dan Harry Potter (karakter Dobby).

 

  • Membuat background cerita yang lebih menarik

Pada film Divergent Series, kamu bisa melihat latar masa depan yang belum terjadi. Yah, semoga saja enggak terjadi. Hehe.
Di latar itu kamu bisa melihat bumi yang hancur beberapa ratus tahun ke depan. Juga tentang pengembangan manusia dengan DNA yang sesuai keinginan mereka.

Sedangkan jika dalam film Avatar 2009, kamu akan melihat keindahan planet Pandora dari pohon, binatang, dan tanaman-tanamannya.

 

  • Membuat karakteristik tokoh yang sesuai dengan cerita

Ini kita kembali ke beberapa film yang telah tayang beberapa waktu yang lalu. Seperti Toy Story. Tentu kamu nggak akan menemui mainan yang berjalan atau berbicara sendiri. Yah, kerasukan hantu sih. Hehe.

Kemudian dalam film Mulan yang akan datang, perubahan manusia menjadi burung elang tentu tidak akan terjadi tanpa adanya sebuah teknologi CGI. Ini juga berlaku pada efek kekuatan Wonder Woman yang akan tayang pada bulan Juni nanti.

 

  • Mempermudah menggambarkan keadaan futuristik sesuai dengan naskah

Masih ingat dengan dinding peron kereta yang ditembus oleh para murid Hogswart? Nah, efek-efek demikian akan terjadi jika menggunakan CGI.

 

 

YANG HARUS DIPERSIAPKAN JIKA KAMU MENGGUNAKAN CGI

 

 

Mengingat teknologi CGI bukanlah teknologi yang murah, tetapi tetap menjadi pilihan pertama karena prosesnya yang cepat. Nah, ini dia beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin menggunakan teknologi ini :

 

  • Software

Sekarang banyak software yang menyediakan efek CGI seperti Blender, 3D Max, Adobe After Effect, dan lain-lain. Sehingga kamu cukup memilih salah satu sesuai dengan kebtuhanmu.

  • Camera

Dibutuhkan ketika pengambilan shoot atau lokasi untuk dimasukkan ke dalam frame. Dibutuhkan kamera beresolusi tinggi agar hasilnya maksimal.

  • Green Screen

Berfungsi untuk mengubah sesuatu yang ada dalam frame. Seperti mengubah background dengan menggunakan Chroma Key.

  • Lighting

Hanya digunakan ketika Green Screen kekurangan cahaya.  Apabila tidak kekurangan cahaya, kamu tidak perlu menggunakan lighting.

 

☘☘☘

 

Nah, itulah penjelasan Mimin mengenai CGI. Oh iya, di atas tadi juga disebutkan tentang software Blender 3D. Bagi kamu yang ingin belajar mengenai Blender bisa banget lho bergabung di Kelasanimasi.com.

Di sini kamu akan mengenal penggunaan Blender lebih dalam dan bisa mulai belajar animasi menggunakan texturing dan menghasilkan efek CGI.

Yup, sekian dari Mimin, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *