Perkembangan Film Animasi Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Film Animasi Dari Masa Ke Masa

Zaman sekarang siapa sih yang gak suka sama film animasi? Seiring berjalannya waktu film animasi kini semakin berkualitas, mau itu dari segi visual, plot atau audio. Bahkan gak cuma anak-anak yang menyukai film animasi, orang dewasa pun ikut menyukainya. Lantas, bagimana sih sejarah perkembangan film animasi dari masa ke masa? 

Menurut sumber 99designs, animasi ditemukan bersamaan dengan penemuan strip film. Film animasi pertama ditayangkan pada tahun 1900, tentu proses perkembangannya tidak mungkin secara instan atau tiba-tiba langsung jadi bagus seperti sekarang ya hehe. 

<mi instan aja masih ada prosesnya hihi>

Kalau kamu termasuk penggemar animasi, kamu wajib tahu nih perkembangan film animasi dari masa ke masa. 

 

 

  • The Silent Era (1900 – 1930)

 

"felix animasi yang terlupakan dari perkembangan film animasi"

 

►  Pada tahun 1906, animasi dan objek gambar pertama kali dibuat oleh seniman asal Amerika Serikat bernama James Stuart Blackton. Film animasi Humorous Phase of Funny Face (1906) dan Fantasmagorie (1908), kedua film tersebut merupakan 2 film animasi pertama yang diciptakan. Kedua film tersebut dibuat dengan teknik animasi yang berbeda yaitu dengan teknik stop motion dan teknik animasi tradisional.

►  Lalu, di tahun 1914, muncul film animasi berjudul Gertie the Dinosaur, karya dari Winsor Mccay. Film ini menjadi film animasi pertama yang menggunakan teknik keyframe. Bahkan film ini menjadi inspirasi untuk generasi animator selanjutnya, karena pergerakan animasinya yang menakjubkan.

► Next, di tahun 1919, film animasi Felix The Cat muncul. Film ini diciptakan oleh 2 orang animator bernama Pat Sullivan dan Otto Messmer. Film Felix The Cat berhasil menarik perhatian masyarakat luas. Akan tetapi, kesuksesan film animasi ini mulai menurun karena munculnya film animasi yang mulai menggunakan suara. 

Dan untuk film animasi pertama yang bersuara adalah Steamboat Willie, yang dikeluarkan pada tahun 1928. 

 

  • The Golden Age of Animation (1930 – 1960)

 

"mickey mouse"

 

Di masa ini menjadi masa keemasan animasi, karena film animasi ber-evolusi dari hitam putih menjadi berwarna, dan ini mendapat banyak apresiasi dari masyarakat. Pada tahun 1930, studio Warner Bros pertama kali didirikan. Pasti tau kan serial animasi iconic dari rumah produksi ini? Yupss.. Looney Tunes dan Merrie Melodies. 

Pada masa ini banyak sekali karakter-karakter iconic muncul seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Bugs Bunny, Betty Boop, Tom n Jerry dan Popeye. Eitss.. nggak seperti sekarang, film-film animasi berwarna hanya bisa dinikmati di bioskop dan belum bisa ditonton di televisi. 

Di era ini, Disney juga mengeluarkan film animasi pertama dengan durasi yang panjang, yaitu Snow White and The Seven Dwarfs, menggunakan teknik tradisional. Oiya selain Snow White, Disney juga mengeluarkan film animasi lainnya seperti ; Fantasia, Dumbo, Pinocchio, dan Bambi.

 

  • The American Television Era (1960 – 1980an)

 

"perkembangan film animasi dari era zaman dulu"

 

Era dimana televisi muncul, di era ini membuat para studio animasi harus berlomba-lomba membuat serial animasi di televisi. Pada tahun 1983 dan 1977, berdiri dua channel terbesar pertama kali, yaitu Disney Channel dan Nickelodeon. Berkat kedua channel ini, film animasi jadi dikenal lebih luas dan berhasil mengembangkan serial animasi di televisi.

Serial animasi pertama yang ditayangkan di televisi pada tahun 1960, adalah Flintstone. Serial ini diciptakan oleh Hanna-Barbera.

 

  • Modern Era (1980 – Sekarang)

 

"perkembangan film animasi" ke modern

 

Di era modern, tentu tampilan film animasi sudah mengalami evolusi karena kemunculan komputer, dengan komputer para animator mulai mengganti teknik tradisional mereka ke teknik CGI (Computer Generated Imagery). Teknik ini membuat model animasi 3D yang dapat digerakkan, teknik ini tak hanya mendominasi pada film animasi saja. Tapi juga merambah di dunia game.

Film animasi The Adventures of Andre and Wally B adalah film pendek pertama tahun 1984, yang menggunakan teknologi CGI. Film animasi ini dibuat oleh studio Graphic Group, studio inilah yang menjadi dasar dari berdirinya studio animasi Pixar. Pasti tau kan film Toy Story ? Nah.. Pixar lah yang pertama kali memproduksi film animasi 3D, di tahun 1995.

 


Kalau kamu suka Perkembangan Film animasi yang mana nih? Kalau mimin sih lebih tertarik dengan era Disney yang hitam putih hehe.. <mungkin karena terlihat klasik> 

Yaa .. kita semua tidak tau seperti apa perkembangan teknologi di masa mendatang, apakah revolusi film animasi menjadi semakin baik? atau hanya berbeda sedikit? Who knows.. kita lihat saja kedepan nya hehe..

 

error: Content is protected !!