Proses Pembuatan Animasi 2D yang Perlu Kamu Tahu!

Posted on

Pasti pernah nonton animasi 2D seperti Tom and Jerry, Doraemon, dan Crayoon Shinchan, kan?

Apakah kamu penasaran dengan proses pembuatannya? Kalau iya, sekarang Mimin kece ini mau bahas proses pembuatan Animasi 2D lho.

Langsung saja kita bahas mulai dari proses Pra-produksi, menuju Produksi, dan berakhir di Post-Produksi.

 

 

PRA-PRODUKSI

 

 

  • KONSEP DAN IDE

    Merupakan hal yang paling mendasar dan penting yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan sebuah cerita. Buatlah konsep dan ide yang unik dan visioner.

    Untuk referensi kita dapat mencari inspirasi dari film, buku, dan media lainnya kemudian dapat kalian kemas sesuai keinginan kalian sendiri.

  • SKENARIO/CERITA

    Bentuk pengembangan dari konsep dan ide yang sudah dibuat sebelumnya lalu menjadi runtutan peristiwa yang akan divisualisasikan ke film. Dalam skenario biasanya terdapat elemen tragedi yang akan membuat penonton hanyut dalam cerita tersebut.

  • DESAIN KARAKTER

    Rancangan bentuk karakter lengkap dengan kostum dan aksesori. Digambarkan dalam berbagai view tampak depan, samping, belakang. beserta berbagai ekspresi seperti marah, senang, dan lain-lain.

  • STORYBOARD

    Visualisasi cerita yang sudah dibuat. biasanya berupa gambar sketsa tentang urutan peristiwa dalam cerita. disamping panel gambar disediakan space kosong yang berfungsi untuk menuliskan info seperti angle,layout/staging,durasi,timing,dialog dll

  • MUSIK DAN SOUND FX

    Pencarian musik pengisi background suara, efek suara, dan musik untuk opening dan ending pada film

 

PRODUKSI

 

 

  • LAYOUT

    Pada proses ini kamu akan mengkonseptualisasikan lingkungan, penataan letak properti, karakter, perspective, dan lain-lain. Fungsinya untuk merancang stage di mana animasi karakter atau efek khusus terjadi.

  • KEY MOTION dan IN BETWEEN

    Di sini kamu akan menggambar gerakan inti atau gerakan kunci, digunakan sebagai pedoman untuk menggambar inbetween agar gerakannya tetap runtut beraturan dan logis.

  • BACKGROUND

    Background tempat atau yang biasa kita sebut latar tempat sendiri menggambarkan panggung yang tengah dipakai para karakternya. Dari tempat ini bisa menampilkan karakter dari para pemainnya maupun suasana yang digambarkan pada adegan film tersebut.

  • SCANNING

    Memindai gambar dari media kertas (gambar manual) untuk bisa diedit atau diwarna langsung ke laptop/PC

  • COLORING

    Pewarnaan gambar digital melalui media komputer menggunakan software editing gambar seperti photoshop,flash dll

 

POST-PRODUKSI

 

 

  • COMPOSTING

    Merupakan proses penyatuan gambar yang sudah dibuat untuk digerakkan, juga penataan dan penyesuaian timing, durasi, gerakan, dan lain-lain. Hasil dari composting dapat berupa per-cut atau per-scene

  • DUBBING dan SOUND EDITING

    Perekaman suara (dubbing) untuk scene yang terdapat dialog. Lalu hasil suaranya masuk ke tahap Sound Editing, yakni dengan menambahkan efek suara yang dibutuhkan dan pengaturan lip sync.

  • VIDEO EDITING

    Semua hasil compositing dan sound editing digabung, sekaligus penyesuaian durasi, dubbing, transisi, dan penambahan efek visual.

  • RENDERING

    Penggabungan keseluruhan scene hingga menjadi sebuah film dalam format mp4, mkv, mov, dan lain-lain sesuai kebutuhan

  • BURN TO TAPE

    Merupakan proses final pemindahan film yang sudah jadi ke media CD, VCD dan lain-lain sesuai kebutuhan sehingga siap untuk disebarluaskan.

 

☘☘☘

 

Nah, begitulah proses panjang sebuah film animasi 2D yang kalian tonton gaes. Jadi, kamu bisa tahu bahwa film yang bagus pasti butuh proses yang sangat panjang.

Oh iya, untuk kamu yang suka animasi dan ingin belajar membuat animasi, bisa banget loh bergabung bersama Kelasanimasi.com.

Di sini kamu akan diajari membuat animasi dari tahap awal hingga tahap lanjut. Kamu juga akan dibimbing oleh para Mimin kece dan member lainnya lho.

Yup, sekian dulu dari Mimin, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *