Ulasan Sejarah Singkat Animasi Stop Motion

Posted on
kelas-animasi
Hello.. namaku Misel

Kemarin, kan, kita membahas tentang apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan animasi Stop Motion. Kira-kira kalian penasaran nggak sih soal asal-usul teknik ciamik ini dari mana? Kalau Mimin sih penasaran, makanya nyari. Ehehehe.

Nah, kali ini kita sedikit mengulik-ngulik tentang sejarah animasi stop motion nih gaes. Harus gitu ya, Min? Iya dong, biar makin kenal dan makin sayang. Eheheh.  

Kalau begitu, kita mulai aja ya~~

PENGERTIAN STOP MOTION

 

animation-stop-motion
Making of Stop Motion

Stop Motion merupakan sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.

Benda yang biasanya digunakan dalam stop motion, yaitu boneka, obyek dari tanah liat, wayang, atau boneka yang digerakkan dengan tali.

 

 

PENGGUNAAN PERTAMA KALI

 

humpty-dumpty-circus
humpty-dumpty-circus

Pada tahun 1898, teknik ini digunakan pertama kali oleh Albert E Smith dan J Stuart Blackton untuk pertunjukan The Humpty Dumpty Circus. Sedangkan untuk filmnya sendiri pertama kali digunakan pada judul “Fun a Bakery Shop” garapan J. Stuart Blackton menggunakan clay dan muncul pada tahun 1902.

Kemudian pada tahun 1906, Stuart Blackton kembali membuat film animasi pendek…