Cara Memilah Asset Gambar Dengan Storyboard

Posted on
kelas-belajar-animasi-online
misel

Setelah belajar di Kelasanimasi.com, kebanyakan member biasanya juga ingin belajar cara memilah asset gambar dengan storyboard dan mengumpulkan asset untuk keperluan animasi mereka sendiri. Tapi, sebelumnya, kamu sudah tahu belum apa itu asset?

Jadi, asset adalah kumpulan gambar, modeling, efek, atau video untuk keperluan membuat karya, seperti animasi, editing video, games, dan lain-lain.

 

 

Mengapa asset ini menjadi penting? Salah satunya adalah untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaan karya, apalagi jika karya itu akan dikomersilkan. Misalnya pesanan animasi iklan, modeling bangunan, desain interior, dan lain-lain. 

Namun, membuat asset ini juga nggak mudah gaes. Maka dari itu, banyak website yang menyediakan tempat untuk mendownload asset. Kebanyakan sih berbayar ya karena biasanya yang memerlukan asset memang untuk komersil. Hehe. 

Hanya saja, banyak juga yang bingung nih bagaimana cara mengumpulkan assetnya gaes. Nah, kali ini Mimin akan berbagi cara untuk mengumpulkan asset gambar dengan storyboard. Baru dengar ya? Baagi yang sudah profesional pasti sudah tidak diragukan lagi gaes. Hehe. 

 

Hal-hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memilah Asset

 

  • Buat Perencanaan Konsep

 

konsep-memisahkan-karakter-dan-storyboard
making konsep

Perencanaan konsep ini sangat penting gaes. Karena asset ini adalah barang yang akan kamu gunakan nantinya untuk membuat karyamu.

Misalnya kamu ingin membuat game seperti Harvest Moon. (Mon maap Mimin cuma ingat ini hehe.)

Isinya tentang seorang petani yang gemar menanam tanaman pangan dan ternak. Tentu, kamu akan membutuhkan background berupa ladang, bentuk rumah, jenis-jenis tanaman pangan, hewan ternak (sapi, domba, dan lain-lain), juga petaninya jangan sampai dilupakan ya gaes.

Nah, ini juga berlaku ketika kamu ingin membuat projek untuk komersil. Misalnya ingin membuat animasi pengenalan produk, tentu kamu harus uat rancangan dulu nih animasinya seperti apa, terutama bentuk-bentuk iconnya ya gaes.

 

  • Membuat Timeline Untuk Storyboard

 

cara-membuat-storyboard
timeline storyboard

Dengan membuat timeline, kamu jadi tahu apa saja bagian-bagian yang akan kamu gambar nanti di storyboard.

Mimin contohkan ketika membuat iklan ya gaes. Dengan adanya timeline ini juga akan memudahkan kamu untuk menghitung seberapa banyak panel yang kamu butuhkan.