Perjalanan Bertemu Kawan dan Keluarga Baru di Kelasanimasi.com

Posted on

 

 

Halo-halo perkenalkan ini Mimin baru yang fotonya abis dipajang itu lho. Hehe. Cantik ga? Bilang aja iya biar Mimin seneng gitu. Duh, alamat ditabok rame-rame ini mah. Hahaha… 

 

Kali ini Mimin mau cerita nih tentang pengalaman Mimin kerja di Kelasanimasi.com selama 2 minggu ini. Wah nggak kerasa udah 2 minggu ya. Padahal rasanya kayak baru kemarin aja Mimin abis dag dig dug setelah diwawancara sampai ga bisa tidur.

 

Nah, Min, sebelumnya kerja dimana nih? Kok sekarang bisa nyangkut nih di tim ini?

 

Kalau boleh jujur, Mimin ini pengangguran selama setahun setelah lulus SMA kemarin. Duh, jadi maloe! Gitu sih kata orang-orang dekat Mimin. Tapi kalau Mimin sendiri menganggapnya hanya gap year aja biar refreshing gitu dari sibuk-sibuknya sekolah yang sesak penuh dengan tugas. Hehe.

 

Tapi selama gap year itu pun, Mimin nggak sepenuhnya nganggur. Mimin makin banyak belajar soal hobi Mimin nih. Seperti ilustrasi, membuat rajutan, menulis cerita, dan membuat animasi. Dari menulis cerita dan animasi inilah Mimin bisa sampai di sini. 

 

Mimin cerita dari menulis cerita dulu ya. Ini adalah hobi Mimin dari kecil karena dulu Ibunya Mimin suka banget beli susu yang berhadiah buku cerita atau VCD dongeng. Akhirnya Mimin menjadi anak yang suka banget khayal. Misal nih lagi pakai kardus, Mimin khayalnya lagi naik pesawat dong. 

 

Dan, selama gap year itu pula, Mimin banyak belajar dari grup-grup di komunitas online. Mulai dari penggunaan outline, KBBI, PUEBI, teknik bercerita yang baik seperti show and tell, dan masih banyaaaak lagi. Bukan hanya itu, Mimin juga bertemu dengan banyak orang-orang hebat di dunia kreatif. Dari sini, Mimin jadi banyak belajar gimana caranya mengasah motivasi.

Yah, walaupun kadang Mimin masih belum tajam soal ini. Masih butuh banyak belajar lagi. Hehe… 

 

Dari grup-grup itu pula, Mimin tahu mengenai pekerjaan freelance. Dan untuk pertama kalinya Mimin kerja freelance juga. Sebut aja Mimin jadi pegawainya Mbak A di sebuah penerbitan buku indie yang baru dia buka. Mengisi posisi sebagai proofreading alias tukang nyari typo dan kesalahan tanda baca yang bikin mata makin nambah minusnya. Hahaha! 

 

Dari proofreading, Mimin kemudian ditarik jadi editor junior. Tahu apa yang Mimin rasakan? Puyeng gaes karena ga cuma jadi proofread, Mimin juga dituntut harus mencari plot hole dan kelogisan cerita. Bahkan Mimin sampai ditegur 2 kali oleh atasan karena melakukan kesalahan. Tapi dari situ, Mimin jadi tau, sebelum buku terbit ada editor yang banting tulang dan menguras keringat demi kesempurnaan buku yang akan kalian baca gaes. Huhu jadi terharu Mimin.

 

Setelah Mimin merasa kegiatan mulai kosong lagi, Mimin jadi sering main IG gaes. Dari IG Mimin lihat ada iklan dari Kelasanimasi.com lewat. Dari sini Mimin tanya-tanya sama temen dan atasan soal iklan itu. Mereka bilang suruh coba aja karena tahu Mimin ada minat ke sana.

 

Setelah mendaftar, Mimin merasa wow. Yeah, wow aja gitu. Soalnya Mimin juga baru tahu ada komunitas ginian. Bahkan Mimin ga ngeh lho kalau Kantor Kelasanimasi.com satu kota dengan Mimin. Duh, jadi berasa kudet banget yak. Dan, waktu itu Mimin masuk di grup WA Kantin Animasi 9. Kenal sama orang-orang baru dari berbagai daerah dan berbagai pengalaman.

 

Terus progres Mimin selama di sana gimana? Mimin terhitung lambat sih dari teman-teman yang lain tapi seenggaknya masih rajin muter-muter video pembelajarannya berulang kali biar paham. Hehe.

 

Nah, dari Kantin Animasi 9 ini pula Mimin liat nih Tim Kelasanimasi.com lagi cari lowongan Penulis. Wah, pas banget donk dengan salah satu minat Mimin! Capcus deh Mimin langsung daftar. Waktu itu sih daftar 2, sebagai penulis dan storyboard tapi diterima sebagai penulis karena memang Mimin hanya paham storyboard untuk komik, bukan untuk video animasi. Hehe.

 

Nah, selama kerja di sini, Mimin lumayan speechless. Mimin kira Tim Kelasanimasi.com itu serius-serius gitu ya penampakannya, eh ternyata kocak. Dan di sini Mimin malah terkenal sebagai yang paling pendiem walau akhirnya kena arusnya juga sih jadi lebih cerewet. Hehe.

 

Enggak cuma kocak, Mimin juga dapet sahabat-sahabat baru yang sabar ngajarin Mimin. Oh, terima kasih untuk Mas Ketua Tim dan Mbak Ketua Tim! Kalian memang penyelamatku! //lebay.

 

Sebagai divisi penulis, Mimin juga banyak belajar hal baru. Dulu Mimin hanya sering membuat tulisan fiksi dan di sini Mimin belajar membuat tulisan non-fiksi. Susah? Lumayan, karena Mimin harus mengasah kemampuan analisis lebih tinggi agar apa yang sudah Mimin riset bisa diaplikasikan secara ringkas di tulisan non-fiksi itu.

 

Tapi setidaknya Mimin bahagia sih karena bisa masuk lingkungan dengan kultur yang menyenangkan. Sehingga Mimin ga hanya bekerja tapi juga bisa belajar lebih banyak dari kawan-kawan Mimin yang lain.

 

Sekian dari Mimin, sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya!

 

 

Bagi kamu yang ingin belajar animasi bisa klik di bawah ini:

Klik Disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *