Tips Mengatasi Mental Breakdown

Posted on

"kursus belajar online"

Sesuai judul, artikel kali ini akan membahas tentang tips mengatasi mental breakdown.

Peristiwa stres, breakdown maupun lelah secara mental itu umum terjadi kok guys. Apalagi hidup ini gak semulus jalan tol yang baru dicor.Stres bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya tekanan dan tuntutan dari pekerjaan, masalah dalam hubungan, dan lain sebagainya. 

Eh, tapi sebelumnya kamu perlu tau tanda-tanda ketika kamu sedang mengalami stres atau lelah secara mental.

Tanda-tanda umum ketika kamu mengalami lelah mental bisa seperti kurangnya motivasi, susah fokus, gak nafsu makan, gak ada gairah untuk menjalani hari alias uring-uringan, gampang cemas, mood gak menentu, kadang sedih, kadang sedih banget.

So, mimin mau bagi tips sederhana nih yang bisa kamu lakukan ketika seisi dunia seolah-olah menekan mu.

 

Kamu juga bisa dengarkan podcastnya di sini loh guys…

 

 

Selain berkonsultasi dengan orang yang ahli dibidangnya, kamu juga bisa kok mengatasi stres dari rumah.

Yuk, simak beberapa tips mengatasi mental breakdown di bawah ini!

 

  • Meditasi

 

"tips mengatasi mental breakdown" yaitu meditasi

 

Meditasi adalah salah satu cara untuk menenangkan badai pikiran yang berputar di kepalamu.

Biasanya meditasi dilakukan dengan cara pengolahan pernafasan, pemusatan fokus untuk membuang pikiran dan emosi buruk yang mengganggumu.

Kamu bisa memulainya dengan duduk di tempat yang tenang sehingga konsentrasi kamu tidak terganggu. Kemudian tarik nafas perlahan dan teratur selama beberapa menit hingga tubuh dan pikiran mu rileks.

Teknik meditasi udah sejak lama terkenal dengan khasiatnya sebagai “healing” untuk masalah kesehatan dan menghilangkan stres.

Patut dicoba nih gengs!

 

  • Breathworking

 

breathworking salah satu "tips mengatasi mental breakdown"

 

Bermeditasi mungkin sulit untuk sebagian orang. Karena mereka harus benar-benar fokus dan memusatkan pikirannya agar terhindar dari distraksi dari luar.

Sama seperti meditasi, teknik breathworking atau mengolah pernafasan bisa membantu untuk bikin tubuh dan pikiran lebih rileks.

Kamu bisa coba dengan cara menarik nafas perlahan melalui hidung, tahan selama beberapa detik kemudian hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan hingga kamu merasa tenang dan mendapatkan kontrol atas pikiranmu kembali.

Teknik mengolah pernafasan bisa bantu membuang emosi dan pikiran negatif, guys. Ini karena dengan bernafas secara lambat dan teratur bisa bikin emosi kita teralihkan dan menenangkan saraf di otak.

Widiihh bisa dipraktekin saat lagi bekerja maupun saat santai-santai di rumah guys!