Belajar Otodidak atau Belajar Formal?

Belajar Otodidak atau Belajar Formal?

Nah ini nih, yang paling sering banget jadi perdebatan, lebih baik belajar secara formal atau otodidak . Mau itu formal atau otodidak, semua metode belajar pasti ada kekurangan dan kelebihan dong ya. 

Bagi sebagian orang mungkin ada yang lebih nyaman belajar diajarin langsung, karena bisa langsung bertanya di tempat jika ada yang dibingungkan, sedangkan untuk otodidak memang kurang di bagian tersebut.

Tapi tak jarang pula yang berhasil menguasai materi hanya dengan belajar otodidak

 

 

Kelebihan Belajar Otodidak

  • Waktu Belajar : berbeda dengan belajar formal yang jam nya sudah ditentukan, belajar otodidak bisa menentukan sendiri waktu yang kamu inginkan untuk belajar.
  • Pola Pikir lebih Terasah : saat belajar otodidak kamu pasti akan mengeksplorasi sendiri bagian-bagian materi yang dipelajari, dan itu membuat pola pikir terasah.
  • Lebih Mandiri : Yup.. karena otodidak, kamu jadi lebih mandiri karena kamu harus menemukan solusi sendiri dari kendala yang kamu hadapi, dan itu membuatmu lebih berkembang.

 

Kekurangan Belajar Otodidak

  • Kesulitan Bertanya : Saat belajar otodidak memang membuatmu jadi lebih mandiri, akan tetapi jika kamu bingung, kamu akan kesulitan untuk bertanya tentang materi yang tidak kamu pahami.
  • Bingung Memulai : Terkadang kamu akan kebingungan ingin memulai belajar dari yang mana dulu (karena tidak ada yang mengarahkan), jadinya kamu belajar semua hal yang kamu lihat di tutorial, dan tidak menyesuaikan level materi sesuai kemampuanmu 

 

Kelebihan Belajar Formal

  • Start From Basic : Biasanya modul sudah disediakan mulai dari level pemula sampai sulit, dan itu sesuai dengan tingkatan level yang berguna untuk kamu pelajari.
  • Belajar dengan Tim : Saat proses belajar tidak mungkin hanya satu orang dong (kecuali private les) tentu ada beberapa orang yang belajar juga. Biasanya tim akan dimasukkan ke dalam grup, yang membuatmu mudah untuk bertanya saat kesusahan
  • Mengembangkan Potensi : Adanya pilihan beberapa modul bisa membantumu memilih materi apa yang kamu inginkan, begitupun materi tingkatan selanjutnya.

 

Kekurangan Belajar Formal

  • Kreatifitas Terbatas : Karena adanya tugas, kamu jadi tidak ada waktu untuk berkreasi sendiri ataupun mencari sesuatu yang belum pernah kamu ketahui.
  • Minim Pengalaman : Berbeda dengan otodidak yang bisa bereksplorasi dan mandiri menemukan solusi, kamu yang sudah ada guru jadi lebih sering bertanya daripada mencari sendiri. Alhasil pengalamanmu hanya sebatas dari modul 

 


Kalo kamu lebih condong belajar ke otodidak atau formal nih?? 

Sekali lagi gak ada yang salah dengan cara belajar setiap individu , karena setiap orang dilahirkan berbeda dan memiliki skill pemahaman yang berbeda-beda pula hehe 🙂

 

error: Content is protected !!