Manfaat Animasi di Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Heyho gaes! Mimin mau tanya nih, apa sih yang bikin kamu jadi tertarik belajar animasi? 

Meningkatkan skill, menambah ilmu, ingin mewujudkan impian? Wah, kita sama dong. 

Ternyata manfaat animasi nggak cuma itu lho gaes. Masih banyaaak banget yang mesti kamu tahu. Terutama dalam kehidupan sehari-hari nih. Biar proses belajarmu makin semangat dong. Kayak Mimin yang selalu semangat nih.

Daripada makin lama, kita langsung aja yuk bahas apa aja sih manfaat animasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

  • Media Presentasi

 

Ini adalah hal yang paling dekat dengan kita gaes. Apalagi presentasi sudah mulai diajarkan ketika kita memasuki bangku SMP dan dipakai seterusnya hingga ke dunia kerja. Contoh-contoh bidang yang biasanya dipresentasikan, yaitu projek kerja, media kesehatan, produk, penelitian, dan pembelajaran.

Tujuannya menggunakan animasi untuk presentasi bukan hanya mempercantik, tetapi juga untuk menarik perhatian yang melihatnya agar tidak bosan.

 

 

  • Media Pembelajaran/Edukasi

 

 

Di zaman yang semakin modern ini, biasanya para pengajar dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam memberikan pelajaran kepada para muridnya.

Sebagai media pembelajaran, animasi mempermudah pengajar untuk memberikan gambaran materi yang disampaikan. Contohnya mengenai pergerakan tata surya, grafik dalam matematika maupun fisika, proses pencernaan makanan, dan lain-lain.

 

  • Media Promosi Softselling

 

 

Kamu pasti sudah sering kan melihat iklan di tv? Apakah terlihat membosankan atau biasa aja? Sebagian pasti terlihat membosankan karena yah itu-itu aja.

Nah, dengan menggunakan animasi, akan lebih mempercantik iklan. Seperti iklan Pocari Sweat Bintang SMA misalnya. Meski hanya tayang di youtube, tetapi mendapat antusias yang luar biasa dari netizen.

Di sini kamu bisa juga melihat contoh lainnya dari promosi wisata, produk lainnya, maupun jasa. Biasanya mereka akan memperkenalkannya terlebih dahulu mengenai keunggulan dan lain-lainnya. Baru mengajak untuk berkunjung, membeli produk, ataupun menggunakan jasa mereka.

 

  • Visualisasi/Alat Bantu

 

 

Jika kamu memiliki proyek yang akan dikerjakan, kamu pasti butuh gambaran proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Nah, animasi berfungsi sekali dalam hal membuat gambaran realisasi proyek tersebut.

Biasanya dalam bidang medis, pertambangan, atau arsitektur pasti ada demonstrasi proses kerjanya.

Dalam bidang medis kamu bisa mencari contohnya di youtube seperti contoh pemasangan kawat gigi, operasi caesar, bedah mulut ringan, dan lain-lain. Sedangkan dalam proses pertambangan biasanya berbentuk demonstrasi pengeboran minyak, proses penggalian batu bara, atau proses pembentukan emas.

 

  • Menambah Penghasilan

 

 

Zaman semakin maju dan lingkup pertemanan semakin luas karena adanya berbagai macam sosmed seperti facebook, grup whatsapp, line, instagram, dan lain-lain.

Ketika pertemanan mereka sudah semakin dekat, bahkan pernah mengadakan kopdar (kopi darat) alias meet up. Tentu ketika mereka membuat acara tasyakuran atau bisnis tertentu pasti ingin mengundang satu sama lain.

Dari hal tersebut banyak orang yang mulai memesan undangan digital, atau video-video pendek untuk promosi. Ada juga yang memesan untuk konten youtube mereka.

 

☘☘☘

 

Nah, itulah manfaat animasi dalam kehidupan sehari-hari gaes. Sangat banyak kan? Tentu hal tersebut akan semakin membuka peluangmu dalam menjajaki dunia animasi.

Banyak sekali kesempatan yang bisa kamu dapatkan dalam dunia animasi, seperti penyedia konten untuk pendidikan, bidang medis, pembangunan, produk, maupun pertambangan. Tinggal kamu yang harus mulai rajin mengasah niat dan skill. 

Bersama Kelasanimasi.com, kamu yang masih bingung mau mulai belajar animasi dari mana tidak perlu khawatir lagi. Di sini kamu akan diajari membuat animasi dari tahap awal hingga tahap lanjut. Kamu juga akan dibimbing oleh para Mimin kece dan member lainnya lho.

Yup, sampai di sini dulu, sampai bertemu lagi dengan Mimin di artikel selanjutnya. Salam Matahari!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *